Iklan Layanan Masyarakat

Petani Lereng Sindoro Adakan Selamatan Wiwit Tembakau

Jumat, 29 Jul 2022 19:41:09 598

Keterangan Gambar : Selamatan Wiwit Tembakau petani lereng Gunung Sindoro dipusatkan di Desa Mranggen Tengah, Kecamatan Bansari, Temanggung, Jumat (29/07/2022).


Temanggung, MediaCenter - Petani di Lereng Gunung Sindoro akan memulai panen raya tembakau. Hal ini ditandai dengan digelarnya ritual Selamatan Wiwit Mbako, atau petik pertama daun tembakau yang menjadi komoditas unggulan Kabupaten Temanggung.

Selamatan Wiwit Tembakau petani lereng Gunung Sindoro dipusatkan di Desa Mranggen Tengah, Kecamatan Bansari, Temanggung, Jumat (29/07/2022).

Upacara yang diadakan di Lereng Gunung Sindoro ini, dihadiri oleh Forkopimcam Bansari dan beberapa pejabat terkait dengan menggunakan pakaian adat jawa.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menyampaikan, bahwa Selamatan Wiwit Tembakau diadakan masyarakat setiap menjelang musim panen tembakau.

“Selamatan dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah dan untuk memanjatkan doa, bahwa semua ikthiar dan usaha yang dilakukan oleh para petani tembakau dalam bertani dan mengolah tembakau dengan harapan semoga mendapat rezeki yang melimpah,” tuturnya.

Tradisi Wiwit Tembakau ini sudah mengakar dalam masyarakat, khususnya di Temanggung, sehingga dunia pertembakauan memang tidak jauh dari dunia selamatan, dunia pengharapan dan dunia memohon berkah dari Allah SWT.  

Bupati berharap, semoga pada musim panen tembakau tahun ini, petani dan seluruh penggarap tembakau senantiasa menjaga kualitas tembakau Temanggung. 

Menjaga kualitas yaitu dengan menanam bibit yang tepat, mengolah dengan benar, dan jangan dicampur-campur dengan tembakau dari luar daerah, agar tembakau Temanggung terjaga kualitasnya, maka kepada pihak pabrikan rokok dapat memberikan harga sesuai dengan kualitasnya. 

Kepada pihak pabrikan, Bupati berharap untuk menghargai jerih payah dan setiap butir keringat petani tembakau, khususnya di lereng Gunung Sumbing, Sindoro dan Prahu yang selama ratusan tahun setia menanam tembakau.(MC.TMG/Pde;Chy;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top