Iklan Layanan Masyarakat

Petani Dapat Puluhan Ribu Bibit Tanaman Buah Gratis

Rabu, 05 Apr 2023 19:29:12 437

Keterangan Gambar : Petani Dapat Puluhan Ribu Bibit Tanaman Buah Gratis


Temanggung, Media Center - Sebagai upaya meningkatkan pendapatan para petani dari hasil panen buah-buahan di masa depan, Anggota Komisi IV DPR-RI, Panggah Susanto membagikan puluhan ribu bibit pohon yang terdiri dari jenis tanaman alpukat, durian, dan mangga kepada para kelompok tani, di Desa Salamsari, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Rabu (5/4/2023).

Staf Ahli DPR/MPR-RI Panggah Susanto, Tjatur Priyo Usodo mengungkapkan, sedikitnya terdapat 60 kelompok tani yang memperoleh pembagian bibit tanaman buah produktif gratis kali ini.

Mereka berasal dari beberapa daerah, yakni Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kabupaten dan Kota Magelang. Dengan 50.000 batang bibit tanaman yang dibagikan, masing-masing kelompok tani memperoleh jatah sekitar hampir 1.000 hingga 1.500 bibit.

Menurutnya, tanaman buah mangga, alpukat, dan durian dipilih, karena jenisnya dinilai memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga nantinya menjadi tabungan di masa depan bagi para petani guna peningkatan kesejahteraan.

“Bibit tanaman yang kami bagikan akan berbuah pada empat sampai lima tahun ke depan. Sehingga harapan kami bisa menjadi tabungan kesejahteraan di masa depan bagi para petani,” harapnya.

Sementara itu, pembagian bibit tanaman buah kali ini memperoleh respon positif dari kalangan kelompok tani.

Mereka berharap, di masa mendatang bibit tanaman yang mereka peroleh dapat menghasilkan panenan buah dengan kualitas yang baik. Alhasil, harga jualnya pun tinggi, sehingga mampu menjadi sumber pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok tani.

“Kami berharap, di masa mendatang kami dapat memanen buah-buahan dengan kualitas terbaik dari benih yang kami peroleh tadi. Lumayan buat tabungan di masa mendatang. Ya, empat sampai lima tahun ke depan,” ungkap Gunarjo (45), salah seorang petani asal Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top