Iklan Layanan Masyarakat

Petani Berharap Tembakau Terserap Dengan Harga Pantas

Sabtu, 11 Jul 2020 11:22:17 466

Keterangan Gambar :



Temanggung, Mediacenter-Para petani tembakau di daerah Temanggung, Jawa Tengah berharap pabrik rokok akan menyerap tembakau dari daerah itu dengan harga yang pantas. Sebab, hasil panen tembakau tahun ini diperkirakan akan lebih bagus dibanding dua tahun sebelumnya.

Tri Supono (35), salah seorang petani tembakau dari Desa Lamuk, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung mengatakan, musim panen raya akan dimulai sekitar Bulan Agustus mendatang. Ia berharap cuaca bagus akan bertahan hingga akhir musim panen sekitar Bulan Oktober.

"Sekarang belum mulai panen rayanya, paling di Bulan Agustus nanti serentak panen. Semoga cuacanya bagus tidak ada hujan lagi, kalo kebanyakan hujan bisa kurang bagus hasilnya,"ujar Tri Supono, Jumat (10/7/2020).

Ia mengatakan, pertumbuhan tanaman tembakau tahun 2020 ini lebih bagus dibanding saat tanam dua tahun terakhir lalu. Kondisi tanaman tembakau saat ini lebih subur karena didukung cuaca yang bagus. Jika cuaca bertahan bagus tanpa hujan, maka kualitas tembakau yang dihasilkan pun akan bagus pula.

"Untuk pertumbuhan tanaman lebih bagus sekarang dari pada yang dua tahun terakhir ini. Tanaman lebih subur sekarang, tapi semoga di Bulan Agustus nanti sudah berhenti hujan biar kualitas tembakau menjadi bagus," imbuhnya.

Jika kualitas tembakau hasil panen tahun ini lebih bagus, petani berharap pihak pabrik rokok akan menyerap tembakau dengan harga yang pantas. Dengan demikian petani tidak akan dirugikan. Selain itu, kuota yang terserap juga akan maksimal. Ia menanam tembakau sejumlah 10.000 pohon pada luasan lahan 0,75 Hektare.

"Harapannya nanti hasil panen terserap maksimal dan harganya juga bagus gitu,"ujarnya.

Ahmad (50) petani lainnya di Madureso, Kecamatan Temanggung juga mengharapkan hal yang sama. Hasil panen tembakaunya akan berkualitas bagus dan dapat diserap pabrik rokok dengan harga tinggi.

"Yang menjadi kekhawatiran petani adalah tembakau tidak terserap maksimal, juga tidak dibeli dengan harga yang pantas. Kami berharap hasilnya bagus dan terserap maksimal,"katanya. (MC TMG/Tosiani; Cuplis;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top