Iklan Layanan Masyarakat

Perpusda Temanggung Terapkan Layanan Patuh Tanpa Sentuh

Jumat, 15 Jan 2021 09:06:36 1826

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berencana menerapkan layanan patuh tanpa sentuh. Yakni merupakan layanan sirkulasi berjarak atau circulation service distancing at library untuk menghindari penularan Covid-19 di perpustakaan. Layanan ini akan dilaunching, Senin (18/1/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Temanggung, Suminar Budi Setiyawan, mengatakan, selama pandemi Covid-19, layanan peminjaman buku secara fisik di Perpusda Temanggung telah ditutup sejak 16 Maret 2020. Banyak warga menanyakan kapan perpustakaan akan dibuka kembali. Terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan referensi dari perpustakaan. 

"Karena penularan Covid-19 cukup tinggi, untuk membuka pelayanan ini kami harus mendapat ijin dari Bupati. Kami mengajukan beberapa opsi, yakni layanan via whatsapp dan aplikasi atau layanan sirkulasi berjarak dan layanan normal dengan pembatasan jumlah dan usia pengunjung," terang Suminar, Kamis (14/1/2021). 

Sebelumnya, tim dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 telah melakukan pengkajian. Kemudian disetujui layanan patuh tanpa sentuh atau layanan sirkulasi berjarak ini.

"Pada layanan ini pengunjung dapat melakukan pemesanan via whatsapp dinomor 082135344434. Kemudian akan diarahkan untuk memilih katalog buku via aplikasi bibliotecha.dinarpus.temanggungkab.go.id," jelas suminar.

Pesan whatsapp di nomor tersebut, lanjut Suminar, selain melayani peminjaman dan pengembalian buku, juga perpanjangan peminjaman dan mendaftar keanggotaan perpustakaan. Kemudian petugas administrasi akan memberi tahu kapan pengunjung dapat mengambil buku yang dipinjam, tentu dengan protokol kesehatan dan dibatasi pengambilan buku hanya untuk 20 orang per hari.

"Pengambilan dan pengembalian buku tanpa kontak fisik, jadi langsung diambil dan dikembalikan melalui box sterilisasi buku di loby perpustakaan. Untuk masuk ke area itu, pengunjung juga wajib menggunakan masker dan mencuci tangan, serta akan diperiksa suhu tubuhnya," tambahnya. 

Penetapan layanan patuh tanpa sentuh ini, lanjutnya, akan dievaluasi lagi secara berkala oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Jika sampai terjadi penularan Korona dari perpustakaan, layanan ini juga akan dihentikan. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top