Iklan Layanan Masyarakat

Perpusda Temanggung Optimalkan Layanan Pinjam Buku Digital Selama Pandemi

Selasa, 22 Sep 2020 16:55:44 943

Keterangan Gambar : Aplikasi digital iPusda Temanggung dioptimalkan selama masa pandemi.


Temanggung, MediaCenter - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Temanggung, Jawa Tengah berupaya mengoptimalkan layanan peminjaman buku secara digital melalui aplikasi iPusda Temanggung. Aplikasi ini dapat didownload melalui playstore.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakan, Rahayu Sri Suswati menerangkan, aplikasi iPusda sudah diluncurkan pada Bulan Oktober Tahun 2019 lalu saat acara Bookfest. Namun pemanfaatannya lebih optimal setelah kunjungan fisik ke perpustakaan ditutup selama pandemi Korona.

"Bulan Januari sampai pertengahan Maret kami masih buka untuk kunjungan fisik. Kemudian ditutup sampai sekarang. Kita optimalkan peminjaman buku secara digital,"ujar Rahayu, Selasa (22/9/2020), di Temanggung.

Pembaca dapat meminjam buku secara digital via aplikasi iPusda Temanggung dengan jangka waktu satu pekan. Setelah itu buku digital tidak bisa dibuka lagi dan pembaca harus mengajukan peminjaman lagi. Layanan ini diberikan secara gratis.

Buku digital yang tersedia saat ini merupakan hasil pengadaan Tahun 2019 sebanyak 483 judul. Untuk tahun 2020 belum dilakukan pengadaan buku lagi, karena dana ditarik Pemda untuk penanganan Covid-19.

"Jika pembaca ingin mengakses layanan buku digital yang lebih lengkap, kita arahkan ke aplikasi iJateng dan iPusnas," katanya.

Adapun jumlah buku fisik yang dimiliki Perpusda Temanggung saat ini sebanyak 54.305 eksemplar, 40.146 judul. Kategori buku yang tersedia bermacam-macam jenis. Antara lain pengetahuan umum, sejarah, filsafat, kesenian, teknologi, pertanian dan majalah.

Disebutkan, berdasarkan statistik peminjam buku digital melalui iPusda Temanggung pada Bulan Januari ada 28, Bulan Februari ada 24, Bulan Maret ada 28, April ada 24. Kemudian Bulan Mei ada 23 peminjam, Bulan Juni 33 peminjam, Juli ada 19, dan Agustus ada sembilan. 

Adapun jumlah pengunjung yang masuk ke aplikasi iPusda Temanggung pada Januari ada 194, Februari ada 110, Maret ada 77, April ada 107. Lalu Bulan Mei ada 27 pengunjung, Juni 40 pengunjung, Juli 10, dan Agustus ada 54.
"Kita promosi iPusda juga lewat medsos. Untuk masyarakat yang menanyakan kapan perpus dibuka lagi, kita arahkan ke ipusda," pungkasnya. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top