Iklan Layanan Masyarakat

Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Temanggung Gandeng Ormas

Sabtu, 18 Mar 2023 18:42:34 432

Keterangan Gambar : Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Temanggung Gandeng Ormas


Temanggung, Media Center - Bawaslu Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggandeng organisasi kemasyarakatan dan pemuda untuk melakukan koordinasi dalam pengawasan Pemilu 2024, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan dengan tema "Partisipasi Masyarakat Kawal Hak Pilih" ini dalam rangka penguatan kerjasama pengawasan partisipatif, serta melakukan kajian-kajian hukum, sosial politik dan Pemilu.

Ketua Bawaslu Temanggung, Erwin Nurachmani menyampaikan pentingnya kolaborasi dan kerjasama ini dalam menyongsong Pemilu 2024. 

"Perlu bagi kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Temanggung untuk ikut mengawasi jalannya Pemilu 2024," katanya.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2024 menjadi tanggungjawab Bawaslu. Pengawasan Pemilu dilakukan dalam rangka mewujudkan terselenggarannya Pemilu secara demokratis, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta berkualitas.

“Sebagai salah satu simbol pengawasan partisipatif, peran masyarakat serta Ormas menjadi salah satu implementasi mendasar bagi terlaksananya pengawasan dengan melibatkan seluruh elemen yang ada. Untuk itu, pentingnya partisipasi masyarakat dalam melakukan pencegahan, pengawasan, serta memberikan laporan ataupun informasi awal dalam proses tahapan Pemilu, jika masyarakat juga berperan aktif, maka Pemilu yang berasaskan demokratis, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil, serta berkualitas akan terwujud," tegasnya.

Di sisi lain, Bawaslu juga mengajak peran serta Ormas dalam Pemilu 2024 agar lebih aktif dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menggunakan hak pilihnya.

"Kami berharap agar masyarakat aktif mengecek status pemilih, apakah telah daftar atau belum sebagai pemilih di Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui infopemilu KPU," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top