Iklan Layanan Masyarakat

Perketat Pengamanan Natal, Gereja di Temanggung Terapkan QR Code

Jumat, 24 Des 2021 19:28:07 459

Keterangan Gambar : Gereja Katholik St. Petrus dan Paulus Temanggung, Jawa Tengah menerapkan sistem QR Code dalam perayaan Natal, Jumat (24/12/2021).


Temanggung, Media Center - Gereja Katholik St. Petrus dan Paulus Temanggung, Jawa Tengah menerapkan sistem QR Code dalam perayaan Natal, Jumat (24/12/2021). 

Selain memperketat pengamanan Natal, QR Code tersebut untuk memudahkan pemantauan jemaat yang mengikuti ibadah Natal di gereja tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, usai meninjau kesiapan gereja, Jumat (24/12/2021)  mengatakan, penerapan QR code tersebut untuk pemantauan jemaat yang hadir benar-benar yang diundang oleh pihak gereja. Karena jemaat yang dalam kondisi sakit, maupun dari luar kota tidak diizinkan mengikuti kegiatan ibadah di gereja tersebut.

"Jemaat yang datang harus pakai masker, kapasitas juga dikurangi, banyak dikurangi dari 800 orang menjadi 400 orang, ini juga ada QR Codenya, seperti ini harapannya bisa diterapkan di gereja-gereja yang lainnya," katanya.

Romo Gereja Katholik St. Petrus dan Paulus Temanggung, Agustinus Eko Wahyu, menyebutkan, mekanisme pengamanan gereja dilengkapi dengan fasilitas digital bagi jemaat yang sudah mendaftar dan mendapat QR Code. 

Selain itu, jemaat wajib memakai masker, cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, serta pengaturan tempat duduk yang menerapkan jaga jarak, dan juga pembatasan kapasitas maksimal 50 persen.

"Kita harapkan umat mendaftar dahulu dan kemudian kita menggunakan QR Code agar terpantau jumlah umat dan berapa kehadiran umat saat mengikuti ibadah misa Natal," katanya.

Dengan mendirikan dua pos pengamanan terpadu, sebanyak 239 personil gabungan diterjunkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru di Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top