Iklan Layanan Masyarakat

Peringati World Clean Up Day, Pemkab Temanggung Adakan Pungut dan Pilah Sampah Serentak

Jumat, 11 Sep 2020 12:37:06 1152

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung mensosialisasikan pelaksanaan program World Clean Up Day (WCD) di Pendopo Pengayoman Temanggung, Jum’at (11/9/2020). Sosialisasi diikuti oleh unsur dari komunitas/Ormas, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, TNI, POLRI, Dewan Persampahan, Fasilitator Persampahan Kecamatan (FPK)  serta unsur dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Temanggung.

Edi Purnomo selaku Sekretaris DLH menyampaikan, puncak kegiatan WCD akan dilaksanakan pada Tanggal 19 dan 20 September 2020 berupa Gerakan Pungut dan Pilah Sampah secara serentak di Kabupaten Temanggung.

“Mohon partisipasi dari semua elemen masyarakat di Kabupaten Temanggung untuk memperingati dan bekerjasama memungut dan memilah sampah di lingkungan masing-masing,” kata Edi. 

Ia menambahkan, kegiatan WCD juga melibatkan seluruh elemen siswa dari Dindikpora dan juga Kemenag untuk berpartisipasi dalam memilah dan memungut sampah di rumah masing-masing. Kegiatan yang dilaksanakan akan didokumentasikan serta diupload ke sosial media masing-masing.

“Seluruh Ormas juga diharapkan untuk ikut mensukseskan kegiatan WCD yang bersinergi dengan kegiatan Temanggung Bebas Sampah, yang merupakan salah satu program utama dari Bapak Bupati,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Temanggung Bebas Sampah juga melibatkan Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung yang berjumlah 12 orang serta FPK yang berjumlah 88 orang dengan 20 orang sebagai koordinator.

“Kami mohon dari semua elemen masyarakat di Kabupaten Temanggung, baik dari Ormas, dunia pendidikan, pondok pesantren, semuanya kami harapkan berpartisipasi dalam memilah dan memungut sampah di lingkungan masing-masing dan dikumpulkan di titik tertentu,” pungkasnya.

Yoyok Hari Utomo selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Persampahan DLH Temanggung menjelaskan, sasaran dari WCD meliputi staf dan instansi pemerintah, anggota komunitas dan Ormas, TNI dan POLRI serta masyarakat umum.  

“Rangkaian kegiatan WCD di Kabupaten Temanggung Tanggal 19 adalah gerakan pungut dan pilah sampah yang dilaksanakan siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan Pondok Pesantren dengan lokasi lingkungan rumah dan pondok pesantren masing-masing," jelasnya. 

Ia menambahkan, pada Tanggal 20 September 2020 akan dilaksanakan dua kegiatan, yaitu susur sungai berupa gerakan pemungutan sampah disalah satu titik sungai tiap kecamatan yang lokasinya akan ditentukan oleh camat dan berkoordinasi dengan FPK, serta kegiatan pungut dan pilah sampah yang dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung dengan lokasi lingkungan rumah masing-masing. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top