Iklan Layanan Masyarakat

Peringati Hari Ibu, Kelurahan Purworejo Adakan Kegiatan Mendongeng

Sabtu, 24 Des 2022 13:49:22 501

Keterangan Gambar : Peringati Hari Ibu, Kelurahan Purworejo Adakan Kegiatan Mendongeng


Temanggung, MediaCenter - Camat Temanggung Shofwan Syafi'i membuka kegiatan Dongeng Anak dan Pembinaan Ketrampilan Remaja dalam rangka peringatan Hari Ibu, bertempat di Balai Kelurahan Purworejo, Jumat (23/12/2022).

Lurah Purworejo Samsiyah mengungkapkan, tema acara ini "Merajut Kembali Jalinan Kasih Antara Ibu dan Anak dengan Cara Mendongeng". Membangun karakter anak, dengan belajar merdeka, belajar ceria, penuh makna pembelajaran budi pekerti.

"Kami juga menyelenggarakan program pelatihan remaja yang anggarannya dari swadaya masyarakat dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Purworejo. Pendongengnya dari komunitas Dongeng Keliling Akhir Tahun (DOKAT) dari Jakarta yang dikoordinir oleh Kak Shidiq Budiyanto. Dan diikuti 150 santri dan pengasuh dari empat TPQ, yaitu Darruthulab (RW 01 Getas), Al Ikhlas (RW 02 Mantenan), Darul Ulum (RW 03 Brongkol), dan Al Falah (RW 04 Pahingan)," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu keprihatinan pemerintah Kelurahan Purworejo dan tokoh masyarakat dengan semakin maraknya penggunaan handphone oleh anak-anak dan remaja, serta mengisi liburan sekolah dengan menumbuhkan motivasi diri, serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Ini semua merupakan rangkaian panjang yang diawali dengan gebyar muharam, dilanjutkan pentas seni. Kami jajaran perangkat Kelurahan Purworejo berkomitmen dan konsen terhadap perkembangan dan pembinaan mental akhlak generasi muda serta anak-anak, khususnya yang dididik di TPQ," jelasnya 

Shofwan Syafi'i dalam sambutannya mengapreasiasi dan menyambut baik kegiatan dongeng bagi santri-santri TPQ di Kelurahan Purworejo. Anak-anak ini aset di masa depan yang harus dibekali berbagai ilmu pendidikan, maka sepantasnyalah orang tua mendampingi dan bersama tokoh masyarakat dan pemerintah Kelurahan Purworejo bersinergi menciptakan lingkungan yang ramah anak.

"Saya njur kelingan (teringat) kepengen jadi anak-anak lagi, kita di sini akan mendapatkan pencerahan dari dongeng yang mengedukasi dan memberikan inspirasi, ada sebuah tuntunan. Maka didiklah anak-anakmu sebaik-baik pendidikan, karena mereka akan hidup tidak di zamanmu. Peran orang tua mempunyai peran yang sangat besar memberikan bekal kehidupan bagi anak-anak ini, dengan lingkungan yang bagus dan pendidikan yang bagus," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Lurah Butuh, penggiat komunitas Gerakan Mari Berbagi (GMB), tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Purworejo. Disediakan pula doorprize bagi anak-anak yang aktif bertanya dan menjawab saat kegiatan dongeng dan parenting bagi remaja.
(MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top