Iklan Layanan Masyarakat

Peringati Hari Bumi 2021, Pemkab Temanggung Gencarkan Gerakan Konservasi Lingkungan

Minggu, 25 Apr 2021 12:14:55 197

Keterangan Gambar : Apel persiapan kegiatan Gerakan Penanaman Pohon, di Dusun Watukodok, Desa Keblukan, Kecamatan Kaloran., Temanggung, Minggu (25/4/2021) pagi.


Temanggung, MediaCenter - Untuk menyukseskan Gerakan Konservasi Tanah dan Air Berkelanjutan, serta Gerakan Temanggung Bebas Sampah yang menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, serta dalam rangka memperingati Hari Bumi Tahun 2021, pada Minggu (25/4/2021) dilaksanakan Gerakan Penanaman Pohon dan kegiatan Pembersihan Sampah Liar yang dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, salah satunya di Dusun Watukodok, Desa Keblukan, Kecamatan Kaloran. 

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono beserta jajarannya, Camat Kaloran beserta jajarannya, Fasilitator Persampahan Kecamatan (FPK) Kaloran, Kepala Desa Keblukan beserta jajaran, Fasilitator Persampahan Desa (FPD) Keblukan, Pegiat Sampah Rukun Tetangga (PSRT) Desa Keblukan, Organisasi Masyarakat di wilayah tersebut serta masyarakat sekitar Dusun Watukodok. Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala DPRKPLH Kabupaten Temanggung.

Entargo mengatakan, setiap musim kemarau bertangki-tangki air mengalir ke desa-desa termasuk di wilayah Kecamatan Kaloran. Ia berharap bisa dikurangi dengan menyelamatkan bumi melalui konservasi lahan dan air, dengan memelihara tanaman dan menanam tanaman yang bisa menyerap air serta mengelola sampah dengan baik.

“Bumi merupakan tempat kita berpijak yang harus kita amankan dan lestarikan supaya anak cucu bisa tetap menikmati bumi kita dan tidak mendapat warisan bumi yang rusak,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Entargo mengajak untuk bersama-sama mengelola bumi dan mengelola lingkungan dengan baik, karena semakin hari industri semakin bertambah, pola hidup semakin berubah, dan jenis sampah semakin berubah.

“Mari dalam momen yang baik melalui gerakan ini, kita sukseskan program unggulan Bapak Bupati yaitu Mustika Desa, salah satunya melalui gerakan konservasi dan pilah sampah. Mari bersama-sama untuk berbudaya mengolah sampah dengan baik, menanam tanaman supaya bumi kita, lingkungan kita menjadi sehat dan lestari,” pungkasnya. (MC TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top