Iklan Layanan Masyarakat

Peringatan Nuzulul Quran, Al Quran untuk Rahmat Semesta

Minggu, 09 Apr 2023 09:25:07 1154

Keterangan Gambar : Peringatan Nuzulul Quran, Al Quran untuk Rahmat Semesta


Temanggung, MediaCenter- Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar peringatan Nuzulul Quran di Pendopo Pengayoman, Sabtu (8/4/2023) malam. Peringatan Nuzulul Quran 1444 H/2023 M, mengambil tema "Al Quran untuk Rahmat Semesta", yang mana diturunkannya Alquran oleh Allah SWT membawa pencerahan bagi umat manusia. 

Bupati HM Al Khadziq mengatakan, bahwa sudah menjadi tradisi bagi Pemkab Temanggung setiap Nuzulul Quran dirayakan bersama-sama di Pendopo Pengayoman. Karena menempatkan Al Quran sebagai sumber spirit bagi seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung. 

"Al Quran sebagai sumber spirit bagi seluruh masyarakat dan cahaya Al Quran betul-betul menyinari seluruh kabupaten ini, sehingga Temanggung semakin tata, titi, tentrem, marem, lan gandem," katanya. 

Selain Bupati HM Al Khadziq, hadir pula Ketua DPRD Yunianto, Sekda Hary Agung Prabowo, para kiai, kepala OPD, dan lain-lain. Usai sholat tarawih kegiatan diisi penyerahan zakat dari Forkopimda kepada Pimpinan Baznas KH. Mansur Asnawi dan penyerahan santunan kepada anak yatim. Adapun tausiyah diisi oleh KH HM Faizun. 

"Dalam rangka Nuzulul Quran tadi siang telah dilaksanakan khataman dan semaan Al Quran, yang dilaksanakan para hafidzoh, baik dari Muslimat NU maupun dari Aisyiyah Muhammadiyah dilaksanakan dari pagi pukul 07.00 WIB, Alhamdulillah bisa khatam tepat pukul 16.00 WIB," katanya.

Dalam rangka Ramadhan, Pemkab Temanggung juga mengisi berbagai kegiatan peningkatan spiritual, baik di lingkungan pejabat dan pegawai pemerintah maupun masyarakat luas. Pada minggu pertama dilakukan tarhim dan tarawih keliling di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung. Dilakukan pula khataman Al Quran secara daring di setiap instansi, dan setiap hari bisa khatam. 

"Al Quran adalah petunjuk bagi seluruh umat manusia untuk menciptakan kehidupan yang lebih tentram, damai, lebih berperadapan yang diturunkan oleh Allah SWT kepada seluruh umat manusia. Membawa dari zaman kegelapan kepada zaman yang lebih cerah. Al Quran juga sebagai Alfurqon pembeda baik dan buruk membedakan mana yang hak dan batil, berupa nasehat, sebagai obat hati untuk seluruh umat manusia," terangnya.

Oleh karena itu, Bupati berharap dengan merayakan Nuzulul Quran semoga seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung mendapat petunjuk dari Allah SWT. Sehingga melalui cara ini bisa menciptakan Temanggung yang semakin berperadapan, semakin maju, semakin tata, titi, tentrem marem, lan gandem. (MC.TMG/ari;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top