Iklan Layanan Masyarakat

Peringatan HPN 2023 Tingkat Jateng, Wartawan Cerdas Media Waras

Sabtu, 04 Mar 2023 13:36:14 503

Keterangan Gambar : Peringatan HPN 2023 Tingkat Jateng, Wartawan Cerdas Media Waras


Temanggung, Media Center - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Gotri Wijianto Wuriatmojo mewakili Bupati Temanggung menghadiri Puncak Resepsi Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jumat (3/3/2023) malam.

Kegiatan Puncak Resepsi Peringatan HPN Tahun 2023 tingkat Provinsi Jateng dihadiri oleh Sekretaris Dewan Kehormatan  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Pusat Sasongko Tedjo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, serta Kepala Dinkominfo Jateng, Riena Retnaningrum.

Dalam laporan penyelenggara yang diwakili oleh Ketua PWI Jateng Amir Machmud menjelaskan, bahwa tema peringatan HPN tahun ini adalah “Wartawan Cerdas, Media Waras“ sesuai dengan tema besar tingkat nasional "Pers Bebas Demokrasi  Bermartabat".

“Tema Hari Pers Nasional tahun ini, 'Pers Bebas Demokrasi  Bermartabat' yang di dalam peringatan tingkat Jawa Tengah, kemudian dibreakdown ke dalam  tiga sub tema, salah satunya terpampang di backdrop, yakni 'Wartawan Cerdas, Media Waras',” jelasnya.

Ia menjelaskan, bahwa insan pers  harus mampu menerjemahkan semangat dan subtansi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Bahwa pers agar selalu menjunjung kode etik jurnalistik saat bekerja, dan membangun reputasi jurnalistik agar terlindungi sesuai UU Pers.

“UU 40/1999 tentang pers, bahwa undang-undang ini bukan hanya melindungi wartawan dan media di dalam menjalankan tugas profesinya, tetapi lebih dari itu, satu payung yang melindungi masyarakat luas dan menjamin memperoleh informasi. Sekaligus menghindarkan  kemungkinan masyarakat alami kesewenang-wenangan atau anarki jurnalistik,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Ganjar Pranowo mengajak insan pers di Provinsi Jawa Tengah untuk berkolaborasi dan memperkaya diri dengan kemampuan bermedia sosial, serta berlandaskan ilmu jurnalistik yang bertanggung jawab.

Ganjar juga mengajak insan pers tak segan untuk belajar kepada para influencer di media sosial, serta  mengembangkan media dalam berbagai bentuk digital multiplatform.

“Cetak ke digital, dulu andalkan oplah, maka sekarang multiplatform. Sehingga informasinya bisa tersebar lebih banyak lagi. Kolaborasi hari ini penting dilakukan, dan saling belajar,” urai Ganjar.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan hadiah lomba menulis Felis Tour Wisata Kota Semarang bagi para wartawan dalam rangka HPN 2023, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang, serta  diberikan penghargaan kepada 6 (enam) PWI kabupaten/kota yang aktif berorganisasi. (MC.TMG/Eknu;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top