Iklan Layanan Masyarakat

Percepatan Capaian, DPRD Temanggung Bantu Vaksinasi Masyarakat

Jumat, 15 Okt 2021 08:17:26 630

Keterangan Gambar : Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di DPRD Kabupaten Temanggung untuk percepatan capaian vaksinasi minimal 50 persen


Temanggung, MediaCenter - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung menggelar vaksinasi massal pada warga untuk membantu percepatan capaian di daerah tersebut, Kamis (14/10/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan pada vaksinasi kali ini disediakan vaksin untuk 500 warga. Vaksin didapat dari Kementerian Kesehatan yang kemudian dikomunikasikan dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Kami sediakan vaksin untuk 500 warga. Kami mendapat vaksin dari pemerintah pusat," katanya, disela-sela pemantauan vaksinasi di DPRD, Kamis (14/10/2021).

Disampaikan vaksinasi untuk membantu percepatan vaksinasi di kabupaten penghasil kopi dan tembakau tersebut. Berdasar catatan terakhir, capaian vaksinasi masih pada kisaran 30 persen.

Capaian itu, katanya, masih jauh dari 50 persen yang merupakan batas minimal untuk mencapai level dua. Maka itu pihaknya turut menggencarkan vaksinasi pada warga agar segera menyentuh 50 persen. 

Ia mengatakan, 500 dosis yang disediakan adalah tahap pertama atau untuk suntikan dosis pertama. Untuk dosis kedua akan langsung dikomunikasi dengan Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan setempat. 

Harapannya melalui vaksinasi yang dilakukan oleh DPRD dan sejumlah pihak yang lain, Temanggung segera mencapai level dua, level satu atau menjadi zona hijau, sehingga masyarakat dapat beraktivitas normal.

Untuk sasaran vaksinasi sesuai persyaratan adalah diatas 12 tahun ke atas dan umum. Sebelum divaksin warga menjalani pemeriksaan, seperti suhu tubuh, tekanan darah dan tidak sedang terpapar Covid-19. 

Ia menyampaikan, DPRD akan menggelar vaksinasi serupa pada warga satu minggu sekali, namun bila dibutuhkan akan digelar dua atau tiga hari sekali.

"Untuk percepatan vaksinasi ini dibutuhkan kesiapan tenaga kesehatan dan kelembagaan terkait dan juga pemerintahan ini harus saling bersama-sama," katanya. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, target vaksinasi di Temangung sebanyak 624.346 jiwa. Mereka itu dari berusia remaja, yakni di atas 12 tahun hingga lansia. 

"Catatan sampai saat ini masih pada 30 persen, sehingga terus berupaya mencapai minimal 50 persennya," katanya. 

Seorang peserta vaksinasi, Sandi Purnomo warga Kaloran mengataan kegiatan sangat positif untuk mencapai herd immunity, sehingga dirinya segera mendaftar.

"Vaksinasi sangat membantu agar sehat terbebas dari Covid-19," tandasnya.
(MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top