Iklan Layanan Masyarakat

Percepat Penurunan Angka Stunting, Pemkab Temanggung Bentuk Satgas

Kamis, 13 Apr 2023 19:08:22 377

Keterangan Gambar : Percepat Penurunan Angka Stunting, Pemkab Temanggung Bentuk Satgas


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Temanggung, Pemkab Temanggung membentuk Satgas Stunting. Rapat Kerja dilaksanakan di Graha Bhumi Phala, komplek Kantor Bupati Temanggung, Kamis (13/4/2023).

Bupati HM. Al Khadziq menyampaikan, berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), angka stunting di Kabupaten Temanggung 28%. Sedangkan menurut data e-PPGBM, angka stunting di Kabupaten Temanggung saat ini 17%. Hal ini menunjukkan masih banyak anak Temanggung yang lahir kurang sehat, ibu-ibu yang hamil kurang gizi dan anak yang disusui kurang ASI.

"Dengan kondisi stunting yang tinggi, membuat kita harus makin semangat, menyadarkan kita untuk mulai bergerak. Untuk itu perlu 'keroyokan goverment', pemerintah keroyokan, semua stakeholder harus ikut turun menangani stunting," tegas Bupati.

Satgas Stunting dibentuk dari tingkat kabupaten, kecamatan dan tingkat desa/kelurahan, dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Desa, PKK, Camat, Puskesmas, Babinsa, Babinkamtibmas, pendamping KB, pendamping desa, petugas PLKB, PLD, pendamping PKH, pendamping TKSK, relawan masyarakat dan organisasi masyarakat, baik dari Aisyiyah, Muslimat, Ansor, Banser, Pemuda Muhammadiyah dan GPK.

Satgas yang dibentuk nantinya bertugas untuk membuat dapur umum di desa, menyediakan masakan dengan menu yang sudah ditentukan, mendistribusikan kepada sasaran dan memastikan makanan dimakan oleh sasaran selama 90 hari berturut-turut.

Selanjutnya, petugas PLKB bertugas untuk memantau perkembangan kondisi dari sasaran. Selain memberikan makanan tambahan, para remaja putri juga akan diberikan tablet tambah darah secara periodik tertentu.

Kick Off Gerakan ini akan dilaksanakan pada Mei 2023, bersama semua Satgas dan semua stakeholder terkait.

"Semoga dengan cara ini, kita bisa bersama-sama menangani stunting di Kabupaten Temanggung," tandas Bupati  (MC.TMG/sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top