Iklan Layanan Masyarakat

Penyerahan Masterplan kepada Enam Belas Kepala Desa Wanita

Jumat, 04 Nov 2022 18:18:09 190

Keterangan Gambar : Penyerahan Masterplan kepada Enam Belas Kepala Desa Wanita


Temanggung, MediaCenter - Kabupaten Temanggung menjadi tuan rumah Penyerahan Master Plan Desa, khusus Kepala Desa Wanita, bertempat di Pendopo Jenar, Kantor Bupati Temanggung, Jumat (4/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo, Anggota Komisi V DPR RI Ir. Sujadi, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah II Kuswardono, Tim Ahli Penyusunan Rencana Induk Infrastruktur Desa Prof. Wiendu Nuryanti, Kepala DPRKPLH Hendra Sumaryana dan tamu undangan. 

Kegiatan Penyerahan Master Plan Desa diikuti oleh 16 desa, yang terdiri dari 8 desa di Kabupaten Temanggung, 7 desa di Kabupaten Magelang, dan 1 desa di Kabupaten Purworejo.

Sekda Hary Agung Prabowo memberikan apresiasi terkait kegiatan tersebut.

"Rencana induk nanti bisa terarah dan terukur oleh ibu-ibu kepala desa, karena saat ini hampir seluruh wilayah di Kabupaten Temanggung ini tidak memiliki masterplan. Ini yang menjadi kendala kita di kabupaten juga," tuturnya. 

Anggota Komisi V DPR RI Ir. Sujadi menjelaskan alasan yang dipilih adalah kepala desa wanita.

"Mengapa yang dipilih untuk mendapatkan masterplan itu ibu-ibu, ini adalah jaman gender, duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Kades laki-laki dan perempuan tidak ada bedanya. Bedanya hanya tiga, beradu prestasi, beradu hasil, dan beradu kepemimpinan," tegasnya. 

Prof. Wiendu Nuryanti menjelaskan, bahwa kegiatan pendampingan kepala desa wanita sudah semakin baik dari yang sebelumnya. Hal ini, sebab pola pendampingan yang sudah terpola dan tertata.

"Ada beberapa kegiatan, yaitu kita menemukan untuk penyempurnaan sekarang sudah bisa kita integrasikan untuk kegiatan tersebut, yaitu kegiatan-kegiatan rembug desa. Dalam kegiatan rembug desa itu menjadi wadah untuk koordinasi kegiatan program, tidak hanya dari PUPR, tetapi yang dananya bersumber dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat," tandasnya. (MC.TMG/adi;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top