Iklan Layanan Masyarakat

Penutupan Pasar Sementara Untuk Dilakukan Sterilisasi

Sabtu, 13 Jun 2020 06:23:53 281

Keterangan Gambar :



Temanggung, Mediacenter- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung mengundang Camat, Kepala Desa, Pengelola Pasar, serta dinas terkait pengelolaan pasar di Pendopo Pengayoman, Jum'at (12/6).

Menindaklanjuti perkembangan kasus positif Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Temanggung dari hasil Rapid Test dan Swab kepada pelaku usaha di pasar yang ada di Kabupaten Temanggung.

Banyaknya angka Positif Covid-19 yang terjadi dilingkungan pasar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Gugus Tugas bekerjasama dengan dinas terkait mengambil tindakan dengan menutup sementara pasar yang didapati terdapat hasil positif Covid-19. Penutupan akan dilakukan selama dua hari, agenda penutupan akan dimanfaatkan untuk sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan seluruh lokasi pasar yang akan ditutup. Terdapat lima pasar yang akan  ditutup, yaitu Pasar Ngadirejo, Pasar Gemawang, Pasar  Kandangan, Pasar Tembarak dan Pasar Jumo.

Adapun jadwal penutupan untuk dilakukan sterilisasi adalah sebagai berikut:
- Pasar Ngadirejo, sosialisasi dilakukan Tanggal 13 sampai 16 Juni, penutupan Tanggal 17,18,19 Juni, dibuka Tanggal 20 Juni 2020.
- Pasar Gemawang, sosialisasi Tanggal 14 Juni, penutupan dan sterilisasi Tanggal 15 sampai 18 Juni, dibuka Tanggal 19 Juni 2020.
- Pasar Kandangan, sosialisasi Tanggal 13 - 16 Juni, penutupan dan sterilisasi Tanggal 17, 18 Juni, dibuka Tanggal 19 Juni 2020.
- Pasar Tembarak, sosialisasi Tanggal 13 - 18 Juni, penutupan dan sterilisasi Tanggal 19, 20, 21 Juni, dibuka Tanggal 22 Juni 2020.
- Pasar Jumo, sosialisasi Tanggal 13 - 14 Juni, penutupan dan sterilisasi Tanggal 15, 16, 17 Juni, dibuka Tanggal 18 Juni 2020.

Penutupan pasar dilakukan bertahap dengan melihat jumlah kasus yang terpapar dari data hasil Rapid Test dan Swab beberapa hari yang lalu. Untuk tahap pertama dilakukan penutupan lima pasar berdasarkan jumlah kasus positifnya, sebelum dilakukan penutupan dari pihak terkait akan melakukan sosialisasi kepada pedagang serta pengunjung secara langsung maupun melalui media sosial.

Penutupan oleh pihak pengelola akan dimanfaatkan untuk sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan seluruh area pasar dan penataan lapak sesuai protokol Covid-19 serta penerapan psycal distancing. Setelah dilakukan sterilisasi, pasar akan kembali dibuka dengan menerapkan  protokol yang lebih ketat untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar.
"Kedepan akan dilaksanakan sterilisasi diseluruh pasar. Pasar kita liburkan barang sehari atau dua hari, kita laksanakan penataan ulang agar pengunjung tidak berdesakan", ujar Bupati Temanggung M Al Khadziq, Jumat (12/6/2020) di Pendopo Pengayoman Temanggung. (MC.TMG/Cuplis;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top