Iklan Layanan Masyarakat

Pentingnya Asupan Protein Dimasa Pandemi Covid-19

Senin, 07 Jun 2021 15:20:37 105

Keterangan Gambar : Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumiyanto.


Temanggung, Media Center - Guna mengurangi potensi tertularnya Covid-19, penting bagi masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Diantara jenis bahan pangan bergizi, ikan merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan gizi yang sangat baik.

Dengan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi dan protein bagi masyarakat, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Yogyakarta (Stasiun KIPM Yogyakarta) sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan gencar menggelar kegiatan BKIPM Peduli Sosial.

BKIPM Peduli Sosial merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina 2021 yang mengambil tema “Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat” yang digelar di Kabupaten Temanggung, Kota Magelang, Kebumen, Wonosobo, Purworejo, dan Yogyakarta. 

Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta, Hafit Rahman, Sabtu (5/6/2021) mengatakan pada kegiatan tersebut dilakukan juga sosialisasi terkait pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi, khususnya ikan, serta pembagian paket produk perikanan kepada masyarakat. 

"Jumlah produk perikanan yang diserahkan oleh Stasiun KIPM Yogyakarta kepada masyarakat pada BKIPM Peduli Sosial ini sebanyak 600 paket untuk Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, sedangkan untuk masyarakat Desa Seboro Kabupaten Kebumen juga 600 paket," katanya.

Hafit menambahkan, dalam penyediaan paket bantuan ikan itu Stasiun KIPM Yogyakarta melibatkan pengolah ikan lokal dan UMKM dimasing-masing kabupaten yang terdampak Covid-19.

Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumiyanto menyebutkan kegiatan BKIPM Peduli Sosial ini merupakan bagian dari kegiatan Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 yang berlangsung pada periode April sampai dengan Juni 2021. Selain itu kegiatan tersebut merupakan Instruksi Presiden 01 Tahun 2017 “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”.

"Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat menunjang fungsi tubuh kita, protein yang cukup sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan lemak pada ikan berupa lemak tak jenuh dalam bentuk omega-3 sangat baik bila dikonsumsi secara rutin, terutama oleh anak- anak dan ibu hamil, karena protein dan lemak yang terkandung pada ikan sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak serta perkembangan kesehatan janin dan ibu hamil, serta pertumbuhan pencegahan stunting dan kecerdasan anak," tegasnya.

Widodo menyebutkan, melalui BKIPM Peduli Sosial diharapkan dapat meringankan beban ekonomi dan kebutuhan pemenuhan gizi masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan Bulan Mutu Karantina merupakan tugas dan fungsi karantina dan keamanan hayati ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan, sosialisasi fungsi dan peran BKIPM, penguatan komitmen mewujudkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang mandiri, maju, kuat, dan berbasis kepentingan nasional. 

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IV KRT H. Darori Wonodipuro mengatakan BKIPM Peduli Sosial ini menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan yang sehat dan bermutu.

"Dengan peningkatan angka konsumsi ikan, secara otomatis akan berdampak pada kebutuhan ikan dan produk perikanan, sehingga produksi perikanan juga meningkat yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan nelayan serta pelaku usaha perikanan," tegasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top