Iklan Layanan Masyarakat

Pentahelix dan Sinotika BPBD Temanggung Terbaik Jateng

Selasa, 08 Des 2020 14:47:46 1121

Keterangan Gambar : Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Dwi Sukarmei.


Temanggung, MediaCenter - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menorehkan prestasi membanggakan. Program Pentahelix dan aplikasi Sinotika yang menjadi terobosan penanganan bencana berhasil menjadi yang terbaik di Jawa Tengah. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei mengatakan, pentahelix itu intinya kegotong royongan termasuk didalamnya ada teman-teman media massa. Sedangkan Sinotika adalah aplikasi tentang kebencanaan. Anugerah ini diterima dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

"Alhamdulillah, awal Desember kami melakukan uji tersebut dan pada 3 Desember dinobatkan juara 1 di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Itu terkait pentahelix dan sinotika ini. Kami berhasil mengalahkan 47 peserta dari seluruh kabupaten di Jateng," ujarnya Senin (7/12/2020). 

Dikatakan, dalam penanggulangan bencana pentahelix sangat dibutuhkan karena selalu beririsan dengan setiap individu. Maka dalam penanganan bencana seyogyanya menjadi urusan bersama. Artinya, semua pihak wajib memiliki kesadaran kolektif terhadap kepedulian saat terjadi bencana. 

"Harapan kami peran serta pentahelix maupun Sinotika tetap mendapat dukungan termasuk kalangan media. Akan tetap kami galakkan untuk menangani bencana dan apa yang menjadi unggulan di Kabupaten Temanggung ini dapat berjalan sampai tahun depan," katanya. 

Adapun untuk aplikasi Sinotika (Sistem Informasi Notifikasi Kebencanaan), dijalankan melalui ponsel pintar. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan merupakan suatu terobosan untuk melaporkan bencana agar penanganan lebih cepat serta responsif. 

"Kriteria penilaian itu ada empat, pertama inovasi berguna bagi masyarakat secara umum, peran masyarakat. Lalu keaslian inovasi itu sendiri, ada tidak di kabupaten lain. Ternyata pentahelix dan Sinotika belum ada di kabupaten lain, keempat kedisiplinan," katanya. 

Selain mendapat piagam, atas prestasi dalam kompetisi bertajuk 'Penghargaan Inovasi BPBD" ini Kabupaten Temanggung berhak mewakili Jawa Tengah dalam kompetisi serupa tingkat nasional.(MC.TMG/Yoni;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top