Iklan Layanan Masyarakat

Penerima BLT BBM di Temanggung Tercatat 81.453 KPM

Selasa, 13 Sep 2022 22:25:49 563

Keterangan Gambar : Dinas Sosial Kabupaten Temanggung menerima kuota Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 81.453 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Temanggung, Media Center - Dinas Sosial Kabupaten Temanggung menerima kuota Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 81.453 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan, penyerahan BLT BBM ditangani oleh Kantor Pos yang ditunjuk oleh pemerintah pusat. Penerima BLT BBM adalah warga miskin yang sangat terdampak atas kenaikan BBM. Mereka adalah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat pada dua program bantuan Kementerian Sosial, yakni Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan.

"Kami memantau pencairan BLT BBM ini. Penyaluran di kantor pos, kantor desa dan kecamatan," katanya, di sela-sela pencairan BLT BBM, Selasa (13/9/2022).

Kepala Kantor Pos Temanggung Arif Maulana mengatakan, BLT BBM mulai disalurkan pada KPM pada Sabtu (10/9/2022) dan ditarget selesai pada Jumat (16/9/2022)

"Sampai Senin telah 10 persen, BLT BBM yang disalurkan, pada Selasa mencapai 35 persen," kata Arif Maulana, ditemui di sela penyaluran, Selasa (13/9/2022).

Ia mengatakan, tiap hari ada target penyaluran 20 ribu KPM, sehingga pada Jumat mendatang penyaluran diharapkan sudah di atas 95 persen. 5 persen tersisa, akan disampaikan door to door atau diantar sampai ke alamat yang bersangkutan. Arif menyampaikan, KPM akan menerima Rp 500 ribu dengan perincian Rp 200 ribu untuk bantuan pangan non tunai dan Rp 300 ribu BLT BBM untuk bulan September dan Oktober.

"Alokasi BLT BBM per bulan Rp 150 ribu, bulan September dan Oktober diterimakan pada September, sehingga menerima Rp 300 ribu," terangnya. 

Dikemukakan olehnya, KPM akan menerima empat kali bantuan dengan total Rp 600 ribu. Namun untuk penerimaan bulan November dan Desember belum ada jadwal. KPM akan menerima Rp 300 ribu. 

Dalam penyaluran BLT BBM, pihaknya merekrut tenaga kontrak yang terdiri dari para anak muda. Jumlahnya lebih dari 100 orang. Harapannya penyaluran bisa lebih cepat dan kualitasnya bagus dalam pelayanan. 

Adapun kecamatan yang terjadwal penyaluran pada Selasa adalah Bansari, Kledung, Jumo, Bejen dan Candiroto. Selain itu Jumo, Candiroto, Wonoboyo dan Tretep. Penyaluran dilakukan di balai desa masing-masing atau kantor kecamatan.

"Ada undangan yang disampaikan, nanti KPM bisa menyesuaikan sesuai undangan. Sebagian wilayah Kecamatan Tlogomulyo dan Temanggung diterimakan di Kantor Pos Temanggung," imbuhnya.

Dalam penyaluran, petugas dibekali dengan softcopy data dan di situ terdapat barkode. Jika dipindai barkode itu akan menuncul data dan identitas KPM.

Seorang KPM, Sriyatun mengatakan, senang menerima BLT BBM. Bantuan yang diterima akan dipergunakan untuk belanja berbagai kebutuhan rumah tangga yang kini harganya telah naik.

"Kami senang mendapat bantuan, ini dana bantuan dari pemerintah," tandasnya. (MC.TMG/Aiz;Ekp;Ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top