Iklan Layanan Masyarakat

Pendaki Sindoro Via Grasindo Wajib Taati Prosedur

Senin, 10 Agu 2020 15:33:09 781

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Basecamp Grasindo termasuk salah satu basecamp pendakian dengan kelengkapan protokol kesehatan yang lengkap. Ditandai dengan adanya pos screening atau penyemprotan disinfektan kepada para pendaki hingga kendaraan yang dibawanya.

Kemudian pengecekan suhu tubuh dan kelengkapan dokumen, seperti surat kesehatan juga harus lengkap. Tempat cuci tangan dan jalur pendaftaran juga dipersiapkan dengan mengacu peraturan physical distancing. Selain protokol kesehatan yang dipersiapkan, Grasindo juga mempersiapkan tempat peristirahatan, karena ada pembatasan jumlah pendaki.

“Disini kan sekarang kuotanya 500 orang pendaki, itu misalkan ada 500 orang pendaki datang bareng, kita memang tidak bisa mengampu. Makanya kita butuh memasang tenda tambahan seperti di depan itu”, ungkap Rian Indra Prayuda selaku Ketua Basecamp Grasindo, Senin (10/8/2020).

Terkait protokol kesehatan, pihak basecamp harus memasang sekat, menyiapkan face shild, menyediakan sarung tangan latex. Kemudian mempersiapkan tempat sampah infeksius untuk sampah-sampah, seperti masker dan latex agar dapat dibakar setiap hari.

File assessment juga harus dilengkapi bagi pendaki yang akan melakukan perjalanan. Pendataan file assessment ini meliputi keseharian pendaki dan riwayat perjalanan ataupun riwayat penyakit yang harus dilaporkan setiap minggunya ke Gugus Tugas Kabupaten, Polsek dan Koramil Kabupaten Temanggung.

Peraturan untuk pendaki juga dibatasi selama new normal, seperti pembatasan perjalanan yaitu tidak boleh lebih dari dua hari satu malam. Selain itu pendaki yang turun, maksimal jam 5 sore karena sekretariat Basecamp Grasindo buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Waktu dipuncaknya juga dibatasi, dikarenakan cuaca dan adanya gas solfatara yang membahayakan bagi para pendaki. Lintas jalur juga tidak diperkenankan bagi pendaki, karena terkait data keluar masuk di setiap basecamp.

“Kita akan bersikap, istilahnya ramah ketika pendaki tidak menyalahi aturan”, imbuhnya.

Rian juga berharap pendaki sudah siap dari rumah terkait kelengkapan yang harus dibawa dan yang tidak boleh dibawa. Dari pihak basecamp tidak menyediakan tenaga kesehatan untuk mengeluarkan surat keterangan sehat, maka hal-hal seperti itu harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Karena tidak semua Puskesmas bisa mengeluarkan surat keterangan kesehatan. (MC TMG/Cahya;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top