Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Kucurkan Dana Rp 1,13 miliar untuk Parpol

Jumat, 26 Mei 2023 09:06:51 334

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung Kucurkan Dana Rp 1,13 miliar untuk Parpol


Temanggung, Media Center -  Dana sebesar Rp 1,13 miliar dikucurkan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk bantuan keuangan parpol bagi yang mempunyai kursi di DPRD kabupaten setempat.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Temanggung Djoko Prasetyono mengatakan, dana bantuan keuangan partai politik hanya diberikan pada parpol yang mempunyai perwakilan di lembaga legislatif. Besarannya sesuai dengan jumlah suara sah yang diperoleh.

"Per suara sah mendapatkan Rp 2.355, sehingga dikalikan suara sah pada pemilu legislatif periode lalu," kata Djoko Prasetyono, Jumat (25/5/2023).

Ia mengatakan, di Temanggung besaran Rp 2.355 per suara, lebih besar dibanding yang ditentukan pemerintah pusat, yakni Rp 1.500 per suara sah. Besaran itu telah disampaikan pada Gubernur Jawa Tengah dan mendapat persetujuan.

Disampaikan pencairan pada tahun 2023 telah dilakukan, dan langsung masuk pada rekening partai politik. Harapannya, dapat dimanfaatkan sesuai keperuntukan, antara lain pendidikan politik masyarakat.

"Bantuan keuangan dilarang untuk kampanye, namun pendidikan politik," katanya, sembari mengatakan sejauh ini perpol telah mengalokasikan sesuai keperuntukan.

Djoko menyebutkan, sebelum dana ditransfer, parpol mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan tersebut, dan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan sesuai dengan regulasi.

Demikian pula di akhir tahun dilakukan pemeriksaan pertanggungjawaban.

"Parpol selama ini telah taat, bahkan mendapat opini WTP dari BPKP. Ini sesuatu yang positif yang harus dipertahankan," terangnya. 

Disampaikan olehnya, ada 10 parpol yang mendapat alokasi bantuan keuangan parpol di Kabupaten Temanggung. Parpol tersebut yakni PDIP sebanyak Rp 218 juta, PKB Rp 192 juta, Golkar Rp 151 juta, Gerindra Rp 120  juta, PAN Rp 90 juta, PPP Rp 114 juta, PKS Rp 80 juta, Hanura Rp 61 juta Nasdem Rp 61 juta dan  Demokrat Rp 47 juta. (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top