Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Konsisten Pantau Pergerakan Inflasi Daerah

Senin, 07 Nov 2022 18:47:47 162

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung Konsisten Pantau Pergerakan Inflasi Daerah


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung rutin mengikuti pemantauan harga bahan pokok dan pergerakan inflasi secara daring yang dilaksanakan di Ruang Gajah, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Senin (7/11/2022). 

Kegiatan secara daring ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, sebagai upaya nasional untuk mengendalikan pergerakan inflasi global yang berdampak pada hampir seluruh negara di dunia.

Berdasarkan data BPS pada minggu pertama bulan November 2022, terjadi tren penurunan angka inflasi di Indonesia yaitu 5,71 atau turun 0,24 dibandingkan pekan lalu. Adapun persebaran inflasi tertinggi berlangsung di Pulau Kalimantan yaitu di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Pulau Bali dan Nusa Tenggara di Kota Kupang, Pulau Sumatera di Kota Padang, Pulau Sulawesi di Kota Parepare, Pulau Jawa di Kota Serang, dan Pulau Papua di Kota Jayapura. 

Komoditas penyumbang angka inflasi di berbagai daerah pada minggu pertama bulan november meliputi: cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, tempe, tahu, dan telur ayam ras. 

Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik, Windhiarso Ponco Adi, memaparkan Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III Tahun 2022,  Indonesia mengalami tren positif. 

"Indonesia mengalami tren positif yang baik, meliputi Triwulan I yaitu -0,95; naik menjadi 3,72 di Triwulan II, dan year on year (yoy) dari 5,01 ke 5,44. Ini menjadi sebuah sinyal positif bagi perekonomian Indonesia. Kita tunggu BPS merilis Triwulan III, mudah-mudahan kita terus menunjukkan tren kebaikan di masa pemulihan pasca Pandemi ini," ungkap Windhiarso. 

Hadir dalam pemantauan inflasi daerah secara daring hari ini, Asisten II Setda bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ripto Susilo, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan, SDM, Pendidikan, dan Kebudayaan, Sri Haryanto; Kepala Dinkopdag Temanggung, Entargo Yutri Wardono, serta perwakilan dari BPS Kabupaten Temanggung, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Kejari, Kodim 0706, Polres Temanggung, serta Bagian Perekonomian Setda Temanggung. (MC.TMG/nin;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top