Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Jamin Ketersediaan Pangan Hingga Idul Fitri

Rabu, 21 Apr 2021 16:54:10 871

Keterangan Gambar : Ilustrasi warung sembako.


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menjamin ketersediaan pasokan kebutuhan pangan warganya selama Ramadhan hingga Idul Fitri pada Bulan Mei mendatang. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto, Rabu (21/4/2021) mengatakan berdasarkan analisis prognosa kebutuhan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) pada Bulan April dan Mei 2021, kebutuhan pangan diperkirakan meningkat sebesar lima persen. Peningkatan itu karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

"Terkait ketersediaan kebutuhan bahan pokok di Temanggung, saat ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri mendatang, meski ada peningkatan kebutuhan lima persen dari masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, Dinkopdag sudah mengantisipasi kenaikan harga dan kebutuhan pangan saat bulan puasa sejak beberapa bulan sebelumnya. Bahkan, pihaknya juga rutin melakukan monitoring di pasar setiap memasuki hari besar keagamaan.

"Terdapat 11 komoditas pangan strategis untuk menghitung neraca antara ketersediaan dan kebutuhan pangan di Kabupaten Temanggung. Bahan pangan itu meliputi daging sapi, daging ayam, beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit merah, telur ayam, minyak goreng dan gula pasir," imbuhnya.

Dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala dalam penyediaan komoditas pangan pokok. Tetapi berdasarkan kondisi pada tahun sebelumnya terjadi penurunan daya beli konsumen, karena pandemi Covid-19. (MC.TMG/Firman;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top