Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Bagikan Benih Tembakau Kemloko Untuk Kelompok Tani

Rabu, 31 Mar 2021 21:26:47 1041

Keterangan Gambar : Ilustrasi petani tembakau.


Temanggung, MediaCenter- Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) membagikan benih tembakau varietas Kemloko secara gratis untuk kelompok tani  di Kabupaten Temanggung,  untuk tahun ini benih yang dibagikan sejumlah 11  kilogram. 

Kabid Hortikultura dan Perkebunan DKPPP Kabupaten Temanggung, Anggit Triwahyu Widodo yang ditemui disela-sela sarasehan dengan petani tembakau disalah satu rumah makan di kota Temanggung, Selasa (30/3/2021)  mengatakan, bibit yang dibagikan adalah bibit untuk jenis varietas Kemloko 1 hingga 6, tergantung dari permintaan dari para kelompok tani disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. 

“Setiap varietas Kemloko ini mempunyai keunggulan masing-masing, sehingga disesuaikan dengan permintaan petani, disesuaikan dengan daerahnya  masing masing,” katanya.

Ditambahkan oleh Anggit,  untuk 1 hektar lahan tembakau membutuhkan sekitar 10 gram benih,   jadi diperkirakan untuk 11  kilogram benih tembakau bisa mencakup sekitar 11.000 hektar. Dengan estimasi tersebut pada musim tanam tahun ini para petani akan menanam tembakau dengan varietas Kemloko.

“Setiap tahun Pemkab mempunyai program pemurnian benih tembakau yang lahannya disejumlah kecamatan. Hasilnya untuk membantu benih petani, bantuan benih pada musim tanam tahun ini jumlahnya sama dengan tahun lalu. Pada kegiatan pemurnian tiap tahun kita memang menghasilkan kurang lebih 100 kilogram benih dari  4 kelompok tani. Hasil benih dari pemurnian kita bagikan ke kelompok tani pada tahun berikutnya,” terangnya.

Varietas Kemloko 1 hingga Kemloko 6, paling cocok untuk  menghasilkan tembakau terbaik dan yang diminati pabrik rokok. Benih tembakau dapat diambil di kantor DKPPP pada jam dinas, akan lebih baik jika diambil untuk kelompok tani. (MC TMG/Bima;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top