Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Resmi Buka Latsar 884 CPNS

Selasa, 10 Mei 2022 13:55:22 432

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung Hadiri Pembukaan Latsar


Temanggung, Media Center – Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melakukan pembukaan Latihan Dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III yang bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemendagri Regional Yogyakarta dan Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Jawa Tengah bertempat di Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Selasa (10/5/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Temanggung HM Al Khadziq dan jajarannya, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Yogyakarta Agus Irawan beserta jajarannya, Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Jawa Tengah dan peserta Latsar Pemkab Temanggung.

Bupati menyampaikan, bahwa Pemkab Temanggung mengadakan pembukaan pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai negeri baru yang berjumlah 884 orang tersebar di berbagai Dinas dan Badan di Kabupaten Temanggung.

“Semua peserta CPNS di lingkup Kabupaten Temanggung kita latih, karena merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan. Harapannya dengan adanya pelatihan pegawai baru ini bisa menjadi pegawai yang profesional, siap melayani masyarakat dan mampu memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat Kabupaten Temanggung,” ungkapnya. 

Dengan penerimaan pegawai tersebut, Pemkab Temanggung harus mampu memanajemen pegawainya sesuai persebaran kebutuhan, agar kinerja instansi tersebut bisa maksimal, terutama Quality Point Average (QPA) pegawainya.

“QPA atau kualitas rata-rata kinerja pegawai kita tidak rendah, justru menunjukkan angka perbaikan sejak tahun 2019, terutama situasi pandemi Covid-19 kemarin banyak WFH, sebagian masuk sangat berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Sekarang dengan situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik ini, harapannya QPA nya akan semakin membaik,” imbuh Bupati. 

Sementara itu, Kepala PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta, Agus Irawan menyampaikan, selamat bagi peserta Latsar, karena saudara-saudara sekalian telah lulus dan dapat kesempatan mengikuti kegiatan ini, karena Latsar merupakan entry level pengembangan kompetensi sebelum ditetapkan secara penuh sebagai PNS.

“Dalam pelatihan Latsar ini, CPNS diharapkan menjadi pribadi yang berwawasan keilmuan, mindset yang baik dan memiliki karakter yang tangguh, serta mampu mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS untuk mendukung tercapainya smart government sesuai dengan ketentuan per undang-undangan,” katanya. 

Pelaksanaan Latsar CPNS merupakan representasi penerapan Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Negara pasal 63 secara tegas disebutkan bahwa setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan secara integrasi, untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi, nasionalisme, wawasan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan kompentensi bidang.

“Seiring dengan dilaunchingnya core values ASN dan employer branding ASN Berakhlak yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis,  Loyal, Adaptif dan Kolaboratif sebagai nilai-nilai ASN yang berpondasi untuk membangun budaya kerja birokrasi, maka ASN dituntut kesiapannya untuk bisa menyesuaikan diri, merubah pola pikir, sikap dan tindakan dalam mengemban amanah sebagai abdi negara dan masyarakat di tengah perkembangan lingkungan strategis yang sangat komplek, dinamis sangat cepat dan tidak terduga,” imbuhnya. 
 
Selain itu, ditambahkan oleh perwakilan dari Badan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Jawa Tengah Andik Arif Asyafii mengatakan terima kasih kepada Pemkab Temanggung sudah menyelenggarakan Latsar ini dengan pola kerja sama, karena dengan pola ini di BPSDM Provinsi Jawa Tengah bisa menfasilitasi.

“Jika pola pengiriman ke BPSDM provinsi, tempat kami sudah overload, karena kami masih ada tugas formasi tahun 2019 itu kurang lebih hampir 2.500 yang belum terselesaikan, rencananya kita selesaikan sampai bulan Juli 2022 ini, saya apresiasi Pemkab Temanggung dengan pola ini semuanya jadi berjalan dan anggaranpun nempel di Pemerintah Temanggung,” tandasnya. (MC.TMG/tf;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top