Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Percepat dan Prioritaskan Vaksinasi pada Lansia

Jumat, 03 Des 2021 17:38:15 154

Keterangan Gambar :


Temanggung, Media Center - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung mengajak masyarakat, terutama lansia untuk segera datang ke tempat-tempat layanan vaksinasi yang disediakan untuk mendapatkan suntikan vaksinasi Covod-19.

Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Temanggung, Kristi Widodo mengatakan, capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung telah mencapai di atas 70 persen, capaian ini telah memenuhi sebagai syarat terciptanya herd immunity, atau kekebalan komunitas.

"Minimal 70 persen sudah mampu tercipta herd immunity, namun tetap ditingkatkan hingga sekitar 80 persen warga mendapat vaksinasi Covid-19," kata Kristi Widodo, Jumat (3/12/2021) di Temanggung. 

Dijelaskan olehnya, yang menjadi catatan Dinkes, cakupan vaksinasi Covid-19 untuk usia beresiko perlu ada peningkatan, yakni para lansia yang capaiannya masih di angka 58,18 persen. Untuk mencapai level I, cakupan vaksinasi lansia minimal 60 persen.

"Temanggung masih kurang 2 persen untuk cakupan vaksinasi lansia, sehingga dipacu agar setidaknya satu minggu ke depan bisa 60 persen," katanya.

Ia menyampaikan, jika tercapai 60 persen untuk lansia, Temanggung sudah masuk pada PPKM level 1. Karena belum mencapai itu, meski indikator lain sudah memenuhi, maka tetap pada PPKM level 2.

Oleh karena itu, seluruh petugas di lapangan diharapkan berkonsentrasi untuk melaksanakan vaksinasi pada lansia. Vaksinasi ini pada dosis pertama dan kedua. Apalagi lansia masuk kelompok rentan, sehingga sangat diprioritaskan.

Berdasar hitungan, dikemukakan olehnya, lansia yang divaksin untuk mencapai 60 persen sebanyak 950 orang.

Dikemukakan, banyak tantangan untuk memberikan vaksinasi pada lansia, seperti adanya komorbid atau terkadang tekanan darah meningkat di atas toleransi saat menjalani skreening, sehingga beresiko ketika divaksin.

Jarak yang jauh dan melelahkan antara tempat tinggal dengan titik vaksinasi yang berada di Puskesmas atau tidak ada orang yang mengantar, merupakan permasalah yang biasa dihadapi.

"Permasalahan lain adalah belum adanya edukasi yang benar terkait vaksin yang tidak jarang lansia tidak mau divaksin," terangnya.

Kristi mengatakan, akan mempercepat vaksinasi pada lansia, apalagi menjelang nataru. Harapannya sudah terbentuk antibodi pada Covid-19 di tubuh lansia dan semakin mantap terbentuk kekebalan komunitas. (MC.TMG/ai;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top