Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru

Kamis, 22 Des 2022 15:38:42 196

Keterangan Gambar : Pemkab Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru


Temanggung, MediaCenter – Pemkab Temanggung melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung melakukan sidak harga bahan pokok di empat pasar daerah (Temanggung, Parakan, Ngadirejo, Candiroto), Kamis (22/12/2022).

Ponco Marbagyo selaku Kepala Bidang Perdagangan Dinkopdag menyampaikan, bahwa ketersediaan bahan pokok untuk masyarakat tersedia dan aman dalam menyambut Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, di pasar-pasar daerah di Kabupaten Temanggung.

"Pengawasan terhadap distribusi barang-barang pokok dan ketersediaannya di pasar daerah terpenuhi, terutama dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. Secara rutin sebetulnya sudah kami lakukan. Harapannya, masyarakat tidak resah dan tidak panik, karena biasanya ada tren kenaikan saat Natal dan Tahun Baru," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dari sidak pantauan harga bahan pokok ini dilakukan di empat pasar daerah, yaitu Pasar Kliwon Temanggung, Pasar Legi Parakan, Pasar Wage Ngadirejo, dan Pasar Candiroto. Ada tren kenaikan harga beberapa bahan pokok, namun juga ada yang turun harganya.

"Harga telur terjadi penurunan, harga cabe fluktuatif, dan harga beras ada kenaikan lima ratus rupiah. Ini akan kita laksanakan pemantauan terus, sehingga stok barang bahan pokok di Kabupaten Temanggung aman. Ini juga merupakan salah satu upaya pengendalian tingkat inflasi daerah," tambahnya.

Setelah kegiatan ini akan dilakukan evaluasi, terutama pantauan barang yang naik, khususnya beras, akan segera dikoordinasikan dengan Bulog, agar masyarakat tidak terjadi panic buying.

"Harga barang yang mengalami kenaikan adalah minyak, ada kenaikan seribu rupiah dari standar. Ini terjadi di Pasar Candiroto, disebabkan rantai pasokannya panjang. Kita akan terus pantau dan segera dikoordinasikan ke dinas terkait hasil sidak pada hari ini. Harapannya, terciptanya situasi kondisi yang kondusif di masyarakat saat perayaan Nataru," pungkasnya. (MC.TMG/sty;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top