Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Ikuti Rakord Pengendalian Inflasi Daerah Lintas Sektoral

Senin, 17 Apr 2023 20:13:52 288

Keterangan Gambar : Pemkab Ikuti Rakord Pengendalian Inflasi Daerah Lintas Sektoral


Temanggung, MediaCenter - Pemkab Temanggung mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Lintas Sektoral dan Sosialisasi RUU Kesehatan secara daring pada Senin (17/4/2023) bertempat di Ruang Gajah, Komplek Kantor Bupati Temanggung.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melaporkan, bahwa kondisi inflasi di Indonesia terpantau aman dengan menempati peringkat 46 dari 186 negera dunia yang diurutkan dari angka inflasi terendah ke tertinggi. Pertumbuhan ekonomi nasional pada Triwulan I Tahun 2023 naik 5,3%, peringkat kedua setelah India. Dengan kondisi tersebut, Mendagri optimis, kemungkinan rendah Indonesia akan terancam resesi global. 

Meski begitu, Mendagri terus mengupayakan pemantauan secara berkala terlebih pada masa-masa jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, angka inflasi pada bulan Maret 2023 adalah 4,97% yang secara y-o-y (year on year) dibandingkan tahun 2023 lalu, mengalami penurunan.

"Dengan capaian ini saya kira cukup baik, namun saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan di Pemerintah Pusat, terutama yang selalu rutin andil dalam pemantauan, mulai dari Badan Pangan Nasional, Badan Pusat Statistik, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, TNI/POLRI, Kejaksaan Agung di tingkat pusat. Dan di tingkat daerah tentunya semua, baik Forkompimda, maupun rekan-rekan Kepala Daerah, serta seluruh staf yang terkait," ungkap Mendagri saat melaporkan situasi ekonomi terkini. 

Adapun penyumbang inflasi terbesar pada bulan Maret 2023 menurut data BPS adalah tarif angkutan udara, dan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H Mendagri menuturkan, bahwa komoditi beras, telur ayam ras, tepung terigu, dan daging sapi untuk terus dipantau harganya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang dapat menyumbang naiknya angka inflasi nasional.

"Perlu kita waspadai bersama, bahwa kita akan menghadapi cuti bersama dari tanggal 19 April hingga 25 April 2023, kemudian operasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengamankan, baik secara pengamanan, juga arus mudik-balik, pangan, dan lain-lain, khusus masalah inflasi kita harapkan kita bisa lebih turun lain angkanya, komoditi yang perlu diwaspadai adalah beras, telur ayam ras, tepung terigu, daging sapi, namun jangan terlena dengan turunnya cabai rawit dan merah," tandas Mendagri. 

Dalam penanganan dan pengendalian inflasi nasional, Tito Karnavian mengimbau kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk melakukan empat upaya penanganan inflasi, yakni: pelaksanaan operasi pasar murah, pemberian bansos bagi masyarakat yang tidak mampu, pengecekan kecukupan supply pangan daerah masing-masing, dan juga melakukan intervensi jika terjadi kenaikan pada komoditas tertentu. (MC,TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top