Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Ikuti Pencanangan BIAN Secara Daring

Kamis, 02 Jun 2022 15:31:31 526

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung mengikuti kegiatan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara daring, bertempat di Ruang Gajah, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Kamis (2/6/2022).


Temanggung, MediaCenter – Pemkab Temanggung mengikuti kegiatan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara daring, bertempat di Ruang Gajah, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Kamis (2/6/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Lingkungan Hidup, Tri Raharjo mewakili Bupati Temanggung, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Temanggung dr. Intan Pandanwangi, dan juga tamu undangan lainnya.

BIAN merupakan sebuah upaya kewaspadaan pemerintah guna mencegah dan mengendalikan kasus hepatitis akut yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya.

Berdasarkan data beberapa tahun terakhir, pandemi Covid-19 memberikan dampak penurunan yang signifikan dalam cakupan imunisasi rutin, baik imunisasi dasar maupun lanjutan. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar menyebutkan, sebanyak 1,7 juta anak di Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap seperti BCG, Campak, Polio, DPT, dan Hepatitis. 

Saat ini, seluruh kabupaten/kota sudah mulai bergerak melakukan persiapan micro planning guna mengejar dan menyongsong BIAN tahun 2022 yang dijadwalkan pada bulan Agustus (untuk Jawa dan Bali), mengejar imunisasi MR dengan target sasaran sebanyak 2.069.000 anak.

Kegiatan pencanangan BIAN 2022 ini, sekaligus menandai peluncuran aplikasi Paijo GR berbasis android milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan akronim “Peningkatan Akses Layanan dan Informasi Kesehatan Jateng Online dengan Gotong Royong”.

dr. Intan Pandanwangi memaparkan, kegiatan BIAN dikhususkan sebagai upaya dalam mengejar imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak usia 12 hingga 59 bulan.

“Pencanangan Bulan Imunisasi Anak hari ini untuk tingkat Jawa Tengah diharapkan pada bulan Agustus dilakukan Bulan Imunisasi Anak, mulai usia 12 hingga 59 bulan. Kejar imunisasi dimana anak-anak yang belum lengkap imunisasinya dapat melengkapi imunisasi dasar lengkap,” tutur dr. Intan seusai mengikuti kegiatan pencanangan BIAN secara daring.

Selanjutnya, dr. Intan juga menyampaikan, Pemkab Temanggung akan memulai Bulan Imunisasi Anak pada bulan Juni dengan tambahan imunisasi MR, Campak, serta Rubella.

“Di Temanggung dari 10.067 anak, yang sudah lengkap baru 2.256. Jadi kita mulai bulan Juni ini, sehingga bulan Agustus diharapkan bisa terimunisasi lengkap. Untuk anak 12-59 bulan juga ada tambahan imunisasi MR, Campak dan Rubella,” tandasnya. (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top