Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Ikuti Acara Kick Off Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM Secara Daring

Rabu, 18 Mei 2022 16:15:41 532

Keterangan Gambar : Pemkab Ikuti Acara Kick Off Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM Secara Daring


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung mengikuti acara Kick Off Bulan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) secara daring di Ruang Gajah, Kompleks Kantor Bupati Temanggung, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung dr. Intan Pandanwangi, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Lingkungan Hidup Tri Raharjo, serta Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Hesti Puspitasari.

Kick Off Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM dilaksanakan secara hybrid atau daring dan juga luring yang bertempat di Kota Depok dan diikuti oleh seluruh Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota se-Jawa dan Bali. 

Pencanangan Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM dilaksanakan secara serentak, sebagai bulan yang bertepatan dengan Hari Hipertensi Sedunia yang diperingati pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Dengan mengusung tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi untuk Hidup Sehat Lebih Lama”, Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM akan dilaksanakan mulai 18 Mei hingga 18 Juni 2022.

Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, dr. Cut Putri Arianie, MH.Kes mengungkapkan maksud dari pelaksanaan Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menurunkan angka kematian PTM di Indonesia. Selain itu, juga sebagai upaya dalam meningkatkan komitmen pemerintah daerah dengan melakukan kolaborasi lintas sektor dalam percepatan pencapaian cakupan deteksi dini PTM.

“Tujuan kegiatan ini adalah menandakan dimulainya bulan Gerakan Deteksi Dini PTM yang akan dilaksanakan secara serentak selama satu bulan di seluruh Indonesia. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya deteksi dini PTM untuk menurunkan angka kematian pasien PTM, meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan kolaborasi lintas sektor dalam percepatan pencapaian cakupan deteksi dini PTM yang merupakan bagian dari standar pelayanan minimal bidang kesehatan, khususnya layanan usia produktif dan lansia,” ungkap dr. Cut Putri Arianie dalam sambutannya.

Kepala Dinkes, dr. Intan Pandanwangi menyampaikan bahwa pihaknya sudah memberikan Surat Edaran kepada sejumlah OPD, Puskesmas dan jajarannya untuk mendukung bulan pemeriksaan tekanan darah.

“Kemarin kami sudah memberikan surat edaran kepada Puskesmas dan jejaringnya untuk melaksanakan bulan pemeriksaan tekanan darah di Posbindu. Kemudian juga surat edaran ke Camat dan desa untuk mendukung bulan pemeriksaan tekanan darah atau hipertensi ini. Kami juga menyurati ke OPD untuk melaksanakan pemeriksaan deteksi dini ini. Untuk Posbindu di Temanggung sudah ada 365 Posbindu dari 289 desa dan untuk yang di OPD ada sekitar 10 Posbindu,” jelasnya.

Selanjutnya, Dinkes sudah melaksanakan pemeriksaan deteksi dini tekanan darah bagi karyawannya pada 17 Mei 2022 yang bertepatan dengan Hari Hipertensi.

“Pada Hari Hipertensi kemarin, Dinas Kesehatan mencanangkan kegiatan pemeriksaan untuk seluruh karyawan. Selanjutnya, di tiap OPD kami menunggu untuk pemeriksaan pendukung deteksi dini ini. Pemeriksaan deteksi dini dilaksanakan sejak Hari Hipertensi Sedunia tanggal 17 Mei, namun untuk surat edaran sudah mulai dilaksanakan tanggal 14 Mei,” pungkasnya. (MC.TMG/anin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top