Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab, BNPT dan Perhutani Lakukan Penandatanganan MoU KTN

Kamis, 16 Jun 2022 16:21:51 318

Keterangan Gambar : Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah melakukan penandatanganan MoU terkait Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) yang terletak di kawasan Embung Bansari, Temanggung, Kamis (16/6/2022).


Temanggung, Media Center - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah melakukan penandatanganan MoU terkait Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) yang terletak di kawasan Embung Bansari, Temanggung, Kamis (16/6/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh pejabat BNPT, diantaranya Sekretaris Utama BNPT, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Kepala Biro Perencanaan Hukum dan Hubungan Masyarakat BNPT, Direktur Perangkat Hukum Internasional selaku Kepala Satuan Tugas Sinergitas BNPT. 

Selain pejabat BNPT, hadir Bupati Temanggung bersama jajaran Forkompimda, pejabat Perum Perhutani diantaranya Administratur Perum Perhutani KPH Kedu Utara, Asperhutani KPH Kedu Utara serta Kepala RPH Hutan Kwadungan.

KTN merupakan bentuk penanggulangan tindak terorisme dengan mengedepankan peningkatan kapasitas ekonomi, edukasi, dan tourism. Secara kewilayahan, menurut BNPT, Temanggung masuk kawasan sinergisitas dengan kegiatan yang dijalankan oleh BNPT.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan KTN merupakan sebuah upaya deradikalisasi berbasis pendekatan kesejahteraan yang ditempuh, karena tidak mungkin hanya menggunakan pendekatan hard power saja, melainkan dengan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya terorisme. 

"Pembangunan kawasan ini sekaligus juga sebagai wahana pembinaan ekonomi bagi para mitra deradikalisasi, sehingga tidak akan kembali melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hokum," ungkap Bupati.

Pemkab Temanggung sangat mendukung program tersebut, dan terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi lebih dini ancaman radikalisme dan terorisme dengan memperkuat jalinan koordinasi lintas sektoral dengan berbagai pihak, mulai dari TNI, Kepolisian, tokoh masyarakat, ormas dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Temanggung.

"Sekali lagi, saya menyampaikan penghargaan kepada BNPT beserta segenap jajaran, pihak Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dan semua pihak yang telah membantu kegiatan pembangunan KTN ini. Perjuangan baru saja kita mulai, masih banyak yang harus kita kerjakan, semoga dengan niat ikhlas dan tulus dilandasi jiwa pengabdian, KTN akan dapat segera terwujud," pungkasnya. (MC TMG/Chy;Wll;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top