Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Bersama Pilar Sosial Awasi Penyaluran BLT Minyak Goreng dan Bansos Sembako

Selasa, 19 Apr 2022 12:22:01 873

Keterangan Gambar : Dinas Sosial Kabupaten Temanggung bersama pilar sosial TKSK, PKH, dan IPSM melaksanakan pengawasan dan monitoring distribusi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi minyak goreng untuk bulan April, Mei, Juni, dan Bantuan Sosial (Bansos) Program Sembako bulan Mei Tahun 2022 di Dusun Kemuning, Desa Kemuning, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Senin (18/4/2022).


Temanggung, MediaCenter - Dinas Sosial Kabupaten Temanggung bersama pilar sosial TKSK, PKH, dan IPSM melaksanakan pengawasan dan monitoring distribusi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi minyak goreng untuk bulan April, Mei, Juni, dan Bantuan Sosial (Bansos) Program Sembako bulan Mei Tahun 2022 di Dusun Kemuning, Desa Kemuning, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Senin (18/4/2022).

Tim pengawasan terdiri dari Kepala Bidang Daya Sosial Adi Nugroho mewakili Kepala Dinas Sosial, Camat Bejen Adjib Partono, Kades Kemuning Tumardi, perwakilan Babinsa Kemuning Serda Alfian Patiran, perwakilan TKSK Nasikhin, perwakilan pendamping PKH Dyah Kusumaningrum, Ketua IPSM Kabupaten Temanggung Setyo Sumaryanto, serta perwakilan PT Pos Indonesia dan Puskesmas Bejen.

Disela-sela pelaksanaan pengawasan, Adi Nugroho memberikan sosialisasi dan informasi bahwa bantuan harus tepat sasaran dan tepat manfaat, dan tidak boleh ada yang mengarahkan ke tempat tertentu.

"Sebaiknya jangan untuk beli pulsa atau beli rokok, kita upayakan bersama kegiatan penyaluran bantuan ini, tertib, tepat sasaran, dan tepat manfaat. Harapannya, semoga bansos yang diterima ini bermanfaat bagi KPM," katanya.

Ditambahkan olehnya, BLT subsidi minyak goreng sebesar Rp 100 ribu, BLT subsidi minyak goreng bulan April, Mei, dan Juni, ditambah Bansos Program Sembako Rp 200 ribu untuk bulan Mei, sehingga diserahkan tunai Rp 500 ribu oleh petugas PT Pos Indonesia kepada setiap KPM.

"Mau beli di mana silahkan, kita antisipasi dan minta ke PT Pos Indonesia untuk menambah titik bayar dan petugas bayar, prioritasnya desa-desa yang sulit, dan Alhamdulillah, kegiatan ini lebih tertata daripada sebelumya, ditambah lagi semua wajib melakukan vaksinasi bagi KPM," imbuhnya.

Muhammad Agung Permadi, petugas dari PT Pos Indonesia, menyampaikan, untuk Desa Kemuning terdapat 82 KPM, dan penyerahan bansos dimulai dari jam 09.00 - 11.00 WIB.

"Kami berdua melayani Desa Kemuning dengan 82 KPM dan Desa Kebon Dalem 175 KPM, Insya Allah sebelum jam 11.00 WIB sudah rampung untuk Desa Kemuning, dilanjutkan ke Desa Kebon Dalem. Di setiap titik ada dua orang, khusus Kecamatan Bejen ada 14 petugas," jelasnya.

Dyah Kusumaningrum, salah seorang pendamping PKH yang melaksanakan pantauan bersama tiga pendamping PKH lainnya menyampaikan penerimaan bansos di Kecamatan Bejen.

"Di Kecamatan Bejen ada 2613 PKH, kita memantau 7 titik, Kemuning, Kebon Dalem, Cokrang, Bejen, Selosabrang, Duren, dan Jlegong, ini baru pertama kali Desa Kemuning ada pencairan BLT, karena biasanya digabung dengan Desa Kebon Dalem," jelasnya.

Tri Wahyuningsih, bidan Desa Kemuning mengungkapkan, Puskesmas Bejen mengerahkan enam orang personel untuk Desa Kemuning dan Desa Kebon Dalem, 

"Dengan adanya syarat vaksinasi bagi KPM, maka ini sangat membantu percepatan program vaksinasi, dan serapan vaksinasi bagi masyarakat bias meningkat. Harapannya bisa meningkatkan kesehatan masyarakat, kami menggunakan vaksin Astra Zeneca," tandasnya. (MC.TMG/sty;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top