Iklan Layanan Masyarakat

Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA)

Jumat, 26 Agu 2022 18:42:11 729

Keterangan Gambar : Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA)


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung HM Al Khadziq didampingi Kalak BPBD Thoifur Hadi beserta jajarannya dan Kepala Desa Botoputih Ahmad Tanwir memberikan pengarahan dalam kegiatan Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan terhadap Bencana Tahun 2022, Pembentukan Desa Tangguh Bencana (DESTANA), di Balai Desa Botoputih, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jumat (26/8/2022).

Kalak BPBD Kabupaten Temanggung Thoifur Hadi di sela-sela kegiatan menyampaikan, bahwa pembentukan DESTANA di Desa Botoputih ini merupakan yang ke-22 dari 266 desa se-Kabupaten Temanggung di tahun 2022 ini.

"Selama tiga hari peserta yang berjumlah 40 orang, dari tanggal 25-27 Agustus 2022. Ini merupakan bagian rintisan DESTANA dan peserta ini merupakan aktivis sadar bencana di masing-masing dusun di Desa Botoputih," katanya.

DESTANA ini menjadi salah satu kegiatan prioritas dari BPBD Kabupaten Temanggung dengan pembinaan dan monitoring bagi desa-desa yang sudah terbentuk akan timbul kesadaran bagi warganya  masyarakat, sehingga ada kesiapsiagaan terhadap bencana secara mandiri bagi desa-desa tersebut.

"Kami sangat berharap ke depan bagi desa-desa di Kabupaten Temanggung yang memiliki kerawanan tinggi, untuk bisa dan memiliki pemahaman potensi bencana di desa masing-masing, memiliki antisipasi awalnya, cepat penanganannya, lebih cepat informasinya, dan yang terpenting mereka mengetahui, memahami konsep mitigasi," jelasnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq berpesan kepada peserta, perangkat desa, dan warga masyarakat, khususnya Desa Botoputih, umumnya seluruh warga masyarakat Kabupaten Temanggung, untuk meningkatkan kesadaran terhadap bencana di desa masing-masing dan lingkungan sekitarnya.

"Tingkatkan terhadap kesadaran bencana, pergunakan potensi masyarakat desa masing-masing untuk penanganan awal bencana, program DESTANA ini ke depannya lebih ditingkatkan dan libatkan semua potensi kesiapsiagaan pencegahan terhadap bencana," tandasnya. (MC.TMG/sty;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top