Iklan Layanan Masyarakat

Pelatihan Wira Usaha Untuk Capai Kemandirian Penyandang Disabilitas

Rabu, 25 Agu 2021 14:35:47 713

Keterangan Gambar : (BBRSPDI) Kartini Temanggung atau Balai Besar Kartini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung memberikan layanan atensi bagi penyandang disabilitas fisik dengan memberikan layanan kegiatan vokasional training kepada 25 disabilitas fisik yang ada di Kabupaten Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Meski ditengah pandemi, Kementerian Sosial RI memastikan program pengembangan kemampuan vokasi terhadap penyandang disabilitas terus berlanjut. 

Melalui Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung atau Balai Besar Kartini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung memberikan layanan atensi bagi penyandang disabilitas fisik dengan memberikan layanan kegiatan vokasional training kepada 25 disabilitas fisik yang ada di Kabupaten Temanggung.

Kepala Balai Besar Kartini Temanggung Rachmat Koesnadi yang ditemui Rabu,(25/8/2021) di Temanggung mengatakan, pelatihan digelar selama lima hari, mulai Senin (23/8/2021) hingga Jumat (27/8/2021) dengan berbagai pelatihan yang disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing penyandang disabilitas. Pelatihan tersebut diantaranya menjahit, salon, tata boga, tanaman hias dan pembuatan kerajinan. 

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan para peserta, karena sebenarnya, para peserta ini sudah memiliki keterampilan masing-masing sebelumnya,” katanya. 

Ia menyampaikan, untuk sementara karena pandemi, maka pelatihan ini hanya diikuti penyandang disabilitas di Kabupaten Temanggung saja.

Selain melakukan vokasi, Balai Besar Kartini juga  berkomitmen akan terus mengawal dan memantau hasilnya. Termasuk dengan terus memberikan pendampingan, jika para peserta hendak membuat wirausahanya sendiri.

“Tidak hanya pelatihan, kita juga terus melakukan pemantauan dan juga pemberian modal kepada para peserta,” pungkasnya. 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Ponco Marbagyo mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas.

"Kami atas nama Dinas Sosial dan seluruh warga Temanggung mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar Kartini atas kegiatan ini, yang bermanfaat bagi penyandang disabilitas fisik untuk mengembangkan keterampilan dan usahanya," katanya.

Ia menyebutkan, semua peserta kegiatan ini adalah penyandang disabilitas fisik yang berasal dari sebelas kecamatan di Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/dn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top