Iklan Layanan Masyarakat

Pelaku Kopi Milenial, Tingkatkan Inovasi dan Strategi Pemasaran

Minggu, 20 Jun 2021 19:48:41 950

Keterangan Gambar : Pengrajin menjemur kopi untuk diolah di Desa Petarangan, Kledung, Temanggung.


Temanggung, MediaCenter - Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI Perwakilan Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung terus mendorong lahirnya pelaku kopi dari kalangan milenial. Keterlibatan anak muda dalam mendorong perkembangan industri kopi menjadi faktor kunci untuk meningkatkan perekonomiaan petani maupun pelaku UMKM kopi.

"Pertumbuhan industri kopi di Indonesia turut berdampak pada lahirnya petani kopi dan pelaku UMKM kopi, khusunya dikalangan generasi milenial. Untuk itu, DPD dan Pemkab Temanggung bersinergi untuk mendorong terus keterlibatan anak muda dalam perkembangan industri kopi," kata  Denty Eka Widi Pratiwi Anggota DPD RI Perwakilan Jawa Tengah usai melakukan kegiatan Ngopi Pagi di Petarangan Farm di Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Sabtu (19/6/2021).

Ia mengatakan, generasi milenial merupakan kalangan yang strategis dalam mengenalkan kopi hingga ke pasar internasional, karena mereka mampu berkreasi membuat sebuah inovasi tentang kopi yang bermacam-macam ragamnya. Bahkan, generasi milenial akrab dengan teknologi digital. Sehingga mereka mampu memanfaatkan platform-platfrom digital tersebut untuk berjualan kopi.

"Diera 4.0 ini memang betul-betul sudah membuka akses pasar seluas-luasnya, hanya tinggal siapa yang memanfaatkan. Saya harap generasi milenial dari Petarangan ini bisa memasok kopi dari Temanggung ke pasar internasional sebagai upaya meningkatkan perekonomian petani maupun pelaku UMKM kopi di Temanggung, sehingga generasi muda tidak hanya sebagai penikmat kopi, tetapi juga sebagai produsen," tegasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, dengan potensi kopi di Temanggung, Pemkab telah melakukan berbagai upaya agar usaha pertanian semakin menarik bagi generasi muda. Selain memberikan bimbingan teknik budi daya kopi dan pengolahan kopi, Pemkab juga membantu dalam pemasaran melalui UMKM Center.

"Saya terus mendorong para pemuda lainnya di Temanggung untuk meningkatkan produktivitas kopi Temanggung, karena kopi Temanggung sangat baik kualitasnya dan mempunyai nilai jual yang bagus juga," katanya.

Wabup menyebutkan, kalangan milenial perlu didampingi untuk terus berinovasi dan didorong untuk meningkatkan kualitas, kemampuan hingga daya saing produknya. Menyusul Kabupaten Temanggung ke depan akan diwujudkan sebagai daerah yang semakin inovatif dan kreatif dengan didukung infrastruktur pembangunan pariwisata. 

"Sehingga, jika peluang ini dimanfaatkan, tentu juga akan memberikan dampak yang bagus untuk peningkatan perekonomian masyarakat Temanggung," pungkasnya. (MC.TMG/fr;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top