Iklan Layanan Masyarakat

Pastakaran Temanggung Buka Outlet

Kamis, 23 Apr 2020 11:14:06 1392

Keterangan Gambar :



Temanggung-Mediacenter.Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpangan) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah bekerjasama dengan PKK Kabupaten Temanggung membuka Toko Pastakaran atau Pasar Tani Pekarangan yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Temanggung. Toko Pastakaran ini mulai dibuka dan dilaunching  oleh Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung, Denty Eka Widi Pratiwi pada Rabu (22/04/2020). 
Masyarakat yang ingin belanja kebutuhan pokok, hasil bumi lokal, sayuran dan berbagai produk olahan hasil pertanian dengan harga murah dibawah harga pasar bisa mencoba belanja disini. Warga bisa belanja dengan datang langsung dengan menerapkan protokol Covid-19.
Seperti yang telah diketahui, kegiatan Pastakaran yang biasanya digelar setiap Hari Jumat di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung setiap minggu pertama dan di halaman Kantor Dintanpangan Kabupaten Temanggung pada minggu ke 2-4 untuk sementara ditiadakan, sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19.Meski demikian, warga tetap bisa memenuhi kebutuhan sayuran dan aneka kebutuhan pokok dengan harga terjangkau melalui Toko Pastakaran ini. Harga produk yang dijual di toko ini relatif murah karena produk yang dijual didapatkan langsung  dari petani yang ada di Temanggung.Misalna telur ayam negeri dijual dengan harga Rp 20.000 per Kg, minyak goreng bisa dibeli dengan harga Rp 12.500 per Liter, kentang dengan harga mulai Rp 5.500 hingga Rp 13.000, tergantung jenis dan kualitasnya.  
Petani bisa menitipkan hasil pertaniannya dengan harga petani, sebisa mungkin produk yang dijual disini lebih rendah dari harga di pasar atau minimal sama dengan harga pasar.
“Produk yang dijual didapatkan langsung dari petani, kita cuma ambil keuntungan 1.000 s.d 2.000 rupiah per kilogramnya”, jelas Zainu, salah satu pengurus Pastakaran dari Dintanpangan Temanggung. 
Untuk bisa menjual produk disini, petani tidak harus menjadi anggota terlebih dahulu, seperti di Pastakaran sebelumnya, semua penjual bisa menitipkan hasil pertanian atau produk olahannya di toko Pastakaran Temanggung dengan jenis, kualitas dan harga produk telah disepakati sebelumnya.
“Kita membuka kesempatan kepada petani, kalau bisa menawarkan produk dengan kualitas baik dengan harga ekonomis, kita ambil,” pungkas Zainu. Diharapkan dengan dibukanya Toko Pastakaran ini dapat membantu para petani, khususnya petani pekarangan di Kabupaten Temanggung dalam memasarkan produk-produknya. (MC.TMG/Safi;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top