Iklan Layanan Masyarakat

Pasar Hewan Kembali Dibuka

Rabu, 22 Jun 2022 17:59:43 455

Keterangan Gambar : Penutupan pasar hewan yang sebelumnya diterapkan selama 14 hari (9-22 Juni 2022) tersebut, kini akan kembali dibuka mulai Kamis (23/6/2022). 


Temanggung, Media Center – Penutupan pasar hewan yang sebelumnya diterapkan selama 14 hari (9-22 Juni 2022) tersebut, kini akan kembali dibuka mulai Kamis (23/6/2022). 

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Muchlis mengungkapkan, alasan dibukanya kembali pasar hewan yaitu setelah memberikan edukasi kepada pedagang dan peternak hewan terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) guna menyeleksi hewan yang akan diperjualbelikan, serta mengedukasi masyarakat bahwa PMK tidak menular pada manusia.

“Jadi selama ini, kita edukasi kepada masyarakat dan pedagang bahwa PMK ini tidak menular ke manusia. Pedagang dan mayarakat sudah melakukan bio security, menjaga kebersihan dengan penyemprotan kandang, kendaraan, dan pasar hewan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ada 6 pasar hewan yang akan dibuka, diantaranya 2 pasar yang dikelola Pemkab Temanggung yang berada di Ngadirejo dan Kranggan, kemudian pasar desa di Selopampang, Pringsurat, Kaloran, dan Gemawang.

Ia juga berpesan kepada peternak, pedagang, dan masyarakat dengan adanya PMK tersebut agar tidak panik, mengingat PMK dapat disembuhkan dengan memberikan vitamin dan pemeriksaan kepada hewan yang terindikasi PMK.

“Kami dari DKPPP dengan adanya wabah PMK mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik. Kita selama ini punya data, yang sembuh ini ada sekitar 56 sampai hari ini,” ujarnya. 

Ia menambahkan, masyarakat dalam membeli hewan ternak, untuk lebih memperhatikan kesehatan hewan dengan meminta surat keterangan kesehatan hewan kepada petugas yang berada di pasar, dan apabila masyarakat sudah terlanjur membeli hewan yang memiliki indikasi PMK, dianjurkan untuk segera melapor kepada petugas yang berada di wilayahnya. (MC.TMG/wll;pde;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top