Iklan Layanan Masyarakat

Papilon, Menjaga Ekosistem Sungai Dengan Budidaya Ikan

Sabtu, 25 Jul 2020 08:05:49 1432

Keterangan Gambar :


Temanggung, MediaCenter – Mendengar kata  Papilon tentunya tidak asing di telinga pecinta Ikan Koi di  wilayah Kabupaten Temanggung. Papilon sendiri merupakan nama kelompok usaha yang menekuni usaha budidaya ikan hias . Kelompok Usaha Mina Papilon terletak di Dusun Sidorejo, Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Temanggung.

Kelompok  yang berdiri sejak  13 Maret 2010 ini, selain budidaya Ikan Koi juga mengembangkan ikan hias lainnya, seperti  Ikan Nilem, Ikan Koki dan Ikan Dewa. Hal ini dijelaskan oleh Untung Sugiarto selaku Ketua Kelompok Usaha Mina Papilon saat ditemui Tim Media Center Temanggung,  Jumat (24/07).   “Saat ini yang dibudidayakan disini Ikan Koi, Ikan Koki, sama Ikan Nimem untuk restoking di perairan umum,” jelas Untung.  

Banyak pedagang maupun para menghobi ikan hias yang datang ke Papilon untuk mencari ikan hias, khususnya Ikan Koi. Harga yang ditawarkan sangat variatif, mulai harga Rp. 10.000-an sampai Jutaan Rupiah. 

“Rata–rata para pedangang  karena mau dijual lagi disini mencari yang harga sepuluh ribuan ukuran 10-15 cm untuk Grade C ,“ terangnya. 

Ia juga mengatakan omset yang telah didapat dalam setiap bulannya  rata- rata berkisar Rp. 5.000.000,-

Kelompok Usaha Mina Papilon juga sering  melakukan restoking  atau merilis ikan dibeberapa embung dan sungai di wilayah Temanggung, seperti di Embung Kledung, Embung Bansari, Sungai  Galeh, Sungai Brakom. Adapun ikan yang disebar seperti Ikan Nilem dan Ikan Koi. Hal ini sebagai upaya untuk  keberlangsungan  ekosistem ikan di sungai.  

“Di tempat kita ini bukan melulu soal keuntungan atau jual beli, tetapi  juga  menjaga ekosistem  dan pemberdayaan masyarakat, supaya juga menjaga sungai biar tidak tercemar,“  imbuh Untung.

Selain digunakan untuk pembudidayaan ikan hias, Kelompok Usaha Mina Papilon juga dapat difungsikan sebagai tempat wisata, serta sebagai tempat kegiatan dan penelitian bagi mahasiswa perikanan. (MC TMG/Eknu;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top