Iklan Layanan Masyarakat

Panen Perdana Padi Varietas Unggulan Baru Inpari 32

Kamis, 21 Jan 2021 19:37:30 229

Keterangan Gambar : Panen perdana padi varietas Inpari 32.


Temanggung, Media Center – Bupati Temanggung M. Al Khadziq, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi, Dandim 0706/Temanggung Letkol Czi. Kurniawan Hartanto dan jajaran Pemerintah Kabupaten Temanggung menghadiri panen perdana padi varietas baru, Inpari 32 yang diadakan Kelompok Tani Mapan bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung di Desa Campursalam Kecamatan Parakan, Kamis (21/1/2021).

Benih padi Inpari 32 ini merupakan jenis benih padi yang tahan atas pembusukan daun. Dengan jenis tanah di Kabupaten Temanggung yang pada dasarnya merupakan daerah yang lembab, sehingga benih tersebut cocok untuk ditanam di kawasan ini. Disamping itu, padi varietas ini bisa menghasilkan padi hampir dua kali lipat dari padi yang biasa ditanam oleh petani Temanggung.

“Jadi ada panen padi varietas  baru, namanya Inpari 32 yang hasilnya bisa jauh lebih maksimal, 1 hektar bisa 10,5 ton. Dibanding padi-padi yang biasanya ditanam itu 1 hektar hanya 5 sampai 6 ton”, ungkap Bupati Temanggung.

Bupati juga mengatakan bahwa pengembangan padi Inpari 32 menjadi salah satu upaya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Temanggung guna menyiapkan cadangan pangan yang cukup untuk seluruh masyarakat dengan cara pengembangan varietas baru Inpari 32. 

“Jenis ini sedang dikembangkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung dan kebetulan hari ini sedang kita laksanakan panen raya di sawah punya Pak Haji Mat Nur dari Kelompok Tani Campursalam. Ini bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten untuk menyiapkan cadangan pangan yang cukup untuk seluruh masyarakat,’’ imbuh Bupati. 

Bupati berharap, adanya varietas baru ini bisa mengurangi kekhawatiran terjadi penurunan ekonomi dan ancaman krisis pangan yang disebabkan oleh dampak Covid-19, sehingga Kabupaten Temanggung bisa meningkatkan cadangan pangan. 

Efisiensi lahan pertanian, efisiensi budidaya usaha pertanian bisa terus meningkat, sehingga penghasilan petani bertambah serta cadangan pangan Kabupaten Temanggung bisa surplus. 

“Mengingat sejak kemarin, dimasa Covid ini ada kekhawatiran terjadi penurunan ekonomi dan terjadi ancaman krisis pangan. Oleh karena itu kita kembangkan. Semoga dengan adanya varietas baru Inpari 32 ini,  cadangan pangan di Kabupaten Temanggung terus meningkat,” harap Bupati Temanggung saat ditemui wartawan.  

Kondisi ketahanan pangan di Kabupaten Temanggung baik dan mengalami surplus padi. Lumbung padi sudah disiapkan oleh dinas terkait guna menjaga ketahanan pangan. Sampai hari ini kondisi ketahanan pangan di Kabupaten Temanggung masih sangat baik.

“Di musim panen saat ini, kita surprus lagi dan tidak ada masalah dengan ketahanan pangan di Kabupaten Temanggung. Lumbung-lumbung tanaman pangan juga sudah disiapkan oleh Dinas Pertanian dan oleh masyarakat juga sudah disiapkan untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Temanggung,” pungkas Bupati.  (MC TMG/Cahya;Satya;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top