Iklan Layanan Masyarakat

Pandemulyo Jadi Pilot Project Kampung Restorasi Justice

Selasa, 15 Mar 2022 15:03:22 595

Keterangan Gambar : Bupati Temanggung, HM Al Khadziq memukul Gong tanda menetapkan Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu menjadi Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung, Selasa (15/3/2022).


Temanggung, MediaCenter - Kejaksaan Negeri Temanggung menetapkan Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu menjadi Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung. Desa di lereng Gunung Sumbing ini menjadi yang pertama atau sebagai pilot project Kampung RJ di Kabupaten Temanggung. Pandemulyo ditetapkan sebagai pilot project, karena dianggap kesadaran hukum masyarakatnya sudah baik. 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Temanggung I Wayan Eka Miartha mengatakan, Kampung RJ merupakan program Kejaksaan Agung di desa untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat. Hal itu tertuang dalam Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 dan surat dari Jaksa Agung dan Pidana Umum yang meminta di setiap wilayah dibentuk Kampung Restorasi Justice.  

"Pandemulyo, Bulu merupakan desa pertama di Temanggung sebagai pilot project sebelum nanti diharapkan semua desa yang ada di Kabpuaten Temanggung terbentuk juga Kampung Restorasi Justice. Filosofinya RJ adalah tempat pelaksanaan musyawarah mufakat dan perdamaian dengan mengedepankan kearifan lokal yang dulu ada. Kenapa Desa Tentrem Adhyaksa, karena tentrem merupakan filosofinya Kabupaten Temanggung dan Adhyaksa adalah wujud darma bhakti kami selaku jaksa," katanya di sela-sela peresmian Kampung RJ Pandemulyo, Selasa (15/3/2022).

Kajari menuturkan, apa yang bisa diselesaikan di Kampung Restorasi Justice adalah berkaitan dengan tindak pidana ringan saja. Antara lain pidana yang ancaman hukumannya di bawah 5 tahun, misalnya pencurian, KDRT, penganiayaan ringan. Praktiknya nanti melalui Kampung RJ persoalan akan dimediasi oleh jaksa selaku mediator, tokoh agama, tokoh adat, Babinsa, Bhabinkamtibmas hadir di sini menyelesaikan perkara ringan secara musyawarah mufakat. 

"Tujuan dibentuknya Kampung RJ ini adalah terselesaikannya penanganan perkara ringan secara cepat, sederhana, dan biaya ringan, serta terwujudnya kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan. Tidak hanya bagi tersangka, tetapi juga korban beserta keluarganya, sekaligus keadilan yang menyentuh masyarakat dengan menghindari adanya stigma negatif," jelasnya. 

Bupati HM Al Khadziq mengucapkan terimakasih kepada Kejari atas inisiatifnya membangun Kampung Restorasi Justice (RJ) Desa Tentrem Adhyaksa Temanggung di Pandemulyo dan selanjutnya akan diteruskan di desa-desa di Kabupaten Temanggung. Prakarsa ini merupakan langkah luar biasa untuk terwujudnya salah satu visi berkabupaten di Temanggung, yakni mewujudkan masyarakat yang tata, titi, tentrem, marem, lan gandem. 

"Tentrem itu bisa diwujudkan dengan penegakkan hukum dengan meminimalisir pelanggaran hukum, atau dengan membuat kesepakatan-kesepakatan warga untuk tidak terjadinya pelanggaran-pelanggaran hukum. Nah, yang dilakukan Bapak Kajari ini kalau di masyarakat kira-kira aklamasi, tidak perlu voting tapi aklamasi. Jadi kalau di sini ada pelanggaran hukum tidak perlu dibawa ke ranah hukum, tetapi cukup diselesaikan di desa yang sudah ditetapkan sebagai Desa Tentrem Adhyaksa," katanya. 

Bupati meminta kepada para Camat, Kades untuk tidak segan berkonsultasi dengan pihak kejaksaan terkait Kampung RJ ini. Pemkab Temanggung sendiri akan melakukan sosialisasi kepada para Kades agar di desanya memenuhi syarat untuk membangun Kampung RJ. Bupati juga berpesan meski ada Kampung RJ bukan lantas masyarakat bisa menggampangkan persoalan hukum.    

"Saya yakin dengan restorasi justice ini akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menciptakan masyarakat yang lebih tentram. Kampung Restorasi Justice ini menjadi kabar gembira buat masyarakat di desa-desa, karena pemulihan kondisi sosial, pemulihan korban dan pelaku di tengah masyarakat bisa berjalan dengan lebih baik lagi. Atas nama Pemerintah Kabupaten Temanggung saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya, semoga bermanfaat menciptakan masyarakat tentrem, marem, gandem," tandas Bupati. (MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top