Iklan Layanan Masyarakat

Pakai Pakaian Adat, Forkopimda Temanggung Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2021

Rabu, 02 Jun 2021 08:09:04 2045

Keterangan Gambar : Forkopimda Temanggung mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Pendapa Pengayoman, Selasa (1/6/2021).


Temanggung,MediaCenter - Bupati HM Al Khadziq, Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo, Sekda Hari Agung Prabowo, Ketua DPRD Yunianto, bersama unsur Forkopimda lainnya menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Pendapa Pengayoman, Selasa (1/6/2021). 

Selain itu, upacara virtual juga diikuti oleh ASN di lingkungan kerjanya masing-masing dengan sentral di Gedung Pancasila. Seluruh peserta upacara mengenakan baju adat tradisional nusantara. Upacara berlangsung hikmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. 

Penggunaan pakaian adat agar lebih memaknai, bahwa negara kita punya bermacam-macam adat, akan tetapi tetap berada dalam satu bingkai, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kebhinekaan merupakan cerminan kekuatan, meski berbeda tapi tetap satu.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara tersebut secara virtual dari Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta. Dalam amanatnya Presiden menyampaikan beberapa hal krusial terkait Pancasila, bahwa saat ini tantangan yang dihadapi tidaklah ringan. 

"Tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan. Globalisasi dan interaksi antar dunia tidak serta merta bisa menyamakan pandangan dan kebersamaan. Belum lagi meningkatnya rivalitas dalam berbagai bidang termasuk masalah ideologi," katanya.

Maka ditegaskan, semua elemen harus membumikan Pancasila dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Semua harus bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.(MC TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top