Iklan Layanan Masyarakat

Pajak Rokok Daerah dan DBHCHT Untuk Optimalkan Kesehatan Masyarakat

Kamis, 29 Apr 2021 15:09:22 114

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung mengikuti kegiatan dialog publik nasional untuk persamaan persepsi tentang peluang dan pajak rokok daerah dan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau dengan Kementerian Kesehatan secara daring di Ruang Gajah, Kompleks Kantor Bupati Temanggung, Kamis (29/4/2021).


Temanggung, Media Center - Kementerian Kesehatan mengadakan dialog publik nasional untuk persamaan persepsi tentang peluang dan pajak rokok daerah dan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk mengoptimalkan kesehatan masyarakat yang diadakan secara daring. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung mengikuti kegiatan tersebut di Ruang Gajah, Kompleks Kantor Bupati Temanggung, Kamis (29/4/2021).
Acara tersebut menghadirkan beberapa ahli dibidangnya seperti komite nasional anti tembakau, perdagangan, perindustrian dan perwakilan daerah yang memiliki komoditas tembakau serta daerah-daerah yang mempunyai gudang tembakau maupun pabrik rokok. 

C. Masrik Amin Zuhdi selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung menjelaskan bahwa dialog publik tentang peluang pajak rokok daerah dan DBHCHT ini sangat menarik, terkait dengan upaya pemanfaatan anggaran yang diutamakan pada penanganan kesehatan masyarakat. 

Ada beberapa masukan dalam diskusi, diantaranya adalah untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan perlindungan masyarakat. Karena pajak rokok maupun DBHCHT didapatkan dari pajak atau cukai barang yang diedarkan itu dalam pengawasan.

“Dalam artian kita mencoba untuk lebih mengarahkan kepada program-program kesehatan masyarakat, dimana upaya itu juga mengacu pada bagaimana melakukan pengendalian,” ungkap Masrik Amin.

Pengendalian yang dimaksud dalam hal pemanfaatan dana supaya lebih berdampak guna bagi masyarakat luas termasuk dalam kaitanya untuk penanganan Covid-19. Sehingga hal tersebut dalam hal mengupayakan supaya pemanfaatan anggaran lebih optimal pada penanganan-penanganan kesehatan masyarakat.

“Jadi seminar dialog publik tadi dalam rangka lebih mengefektifkan supaya dana untuk kesehatan tersebut lebih berdampak ke masyarakat dalam upaya ikut menyehatkan masyarakat,” imbuhnya.

Dengan adanya dialog publik ini, Masrik Amin menjelaskan bahwa ada hal-hal yang persifat penekanan dari kementerian-kementerian teknis untuk mengoptimalkan dana pajak rokok daerah dan DBHCHT untuk kesehatan masyarakat. Di Kabupaten Temanggung, ditambahkan olehnya, sudah melakukan beberapa kegiatan terkait kesehatan masyarakat, seperti BPJS, penunjang Rumah Sakit serta kegiatan kampanye-kampanye pemerintah Kabupaten Temanggung yang dilakukan melalui media sosial maupun melalui media audio visual seperti televisi maupun videotron yang berada di pusat kota Temanggung. (MC TMG/Cahya;Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top