Iklan Layanan Masyarakat

Ngalap Berkah, Ratusan Orang Berebut Gunungan Grebeg Gumuk Kembang

Minggu, 26 Feb 2023 09:40:34 501

Keterangan Gambar : Ngalap Berkah, Ratusan Orang Berebut Gunungan Grebeg Gumuk Kembang


Temanggung, Media Center - Ratusan warga di Dusun Candi, Desa Candisari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggelar tradisi Grebeg Gumuk Kembang, Sabtu (25/2/2023).

"Tradisi Grebeg Gumuk Kembang ini rutin digelar setiap tahunnya, sebagai wujud syukur warga atas hasil bumi yang melimpah," kata Kepala Dusun Candi, Parwadi.

Ia mengatakan sebelum berebut gunungan, tradisi Grebeg Gumuk Kembang diawali dengan kirab gunungan tumpeng dan hasil bumi keliling desa. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan air suci di sumber mata air desa.

"Prosesi grebek diawali dengan pengambilan air suci dari sumber air di desa. Setelah itu dilakukan penjamasan atau mencuci lingga dan yoni, serta pacul bawak atau cangkul kuno yang berada di situs ini," imbuhnya.

Setelah prosesi selesai, sesepuh desa dan masyarakat yang datang melakukan doa bersama. Selain memanjatkan syukur, juga berdoa untuk keberlangsungan bertani.

"Kami bersama-sama melakukan doa agar diberi keselamatan, rejeki yang melimpah, kesehatan, serta keberlangsungn bertani agar tanaman tumbuh subur dan diberi hasil panen yang melimpah," tegasnya.

Di sisi lain, Parwadi mengharapkan dengan tradisi Gumuk Kembang ini dapat mempererat persatuan dan kerukunan warga. Terlebih nanti sebentar lagi memasuki tahun politik, diharapkan tetap rukun meski nanti berbeda pilihan.

"Yang terpenting itu kebersamaan dan kerukunan antar warga agar terus dijaga," tegasnya.

Seorang warga, Mahfiroh (38) mengatakan dirinya sengaja ikut berebut gunungan hasil bumi untuk mendapat berkah bagi keluarganya. 

"Saya berharap hasil pertanian pada musim tanam ini terus membaik, karena masyarakat di sini mayoritas sebagai petani. Jika hasil pertanian bagus, maka kesejahteraan masyarakat juga meningkat, seperti sekarang ini harga cabai tinggi, dan Alhamdulillah kami mendapat untung," katanya. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top