Iklan Layanan Masyarakat

Musrenbang RKPD 2024, Bupati: Fokus pada Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia

Senin, 16 Jan 2023 13:08:59 452

Keterangan Gambar : Musrenbang RKPD 2024, Bupati: Fokus pada Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia


Temanggung, MediaCenter - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Temanggung Tahun 2024 resmi dimulai dengan mengusung tema "Meningkatkan Kualitas Pembangunan Manusia, Pemulihan Ekonomi, dan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik".

Musrenbang dilaksanakan pada Senin (16/1/2023) di Pendopo Manggolo Praja, Area Kantor Kecamatan Temanggung.

Acara Musrenbag dihadiri langsung oleh Bupati HM. Al Khadziq beserta jajaran, Forkompimcam Temanggung, Tim Asistensi Musrenbang RKPD, Anggota DPRD Temanggung Dapil 1, seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Desa, Lurah se-Kecamatan Temanggung, serta para delegasi desa dan peserta lainnya.


Bupati Al Khadziq yang ditemui seusai pembukaan acara Musrenbang RKPD 2024 menjelaskan, prioritas utama program kerja pada Musrenbang Tahun 2024 adalah peningkatan Sumber Daya Manusia yang di dalamnya termasuk peningkatan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Temanggung yang saat ini berada pada angka 7,25 tahun.

"Musrenbang RKPD untuk Tahun 2024, Kabupaten Temanggung memprioritaskan pada Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Penguatan Ekonomi, serta Pembangunan Pemerintahan yang Bersih dan Melayani. Pembangunan SDM ini menjadi sangat penting, karena terkait isu-isu strategis," jelas Bupati. 

Selain itu, Pemkab Temanggung juga memprioritaskan program pengentasan kemiskinan ekstrem dengan target penurunan pada tahun 2024 dan juga pengentasan stunting. 

"Semua itu kita lakukan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. Memang sekarang sudah meningkat, Kabupaten Temanggung dari tahun lalu berada di tingkat menengah. Sekarang Indeks Pembangunan Manusianya sudah tinggi. Tetapi mengingat angka lama sekolah kita masih harus kita naikkan, stunting harus kita selesaikan, kemiskinan ekstrem juga harus kita selesaikan," imbuhnya. 

Adapun pagu umum perencanaan pembangunan RKPD Tahun 2024, Kecamatan Temanggung mendapatkan alokasi pagu umum sebesar 1,8 Miliar. Bupati berpesan untuk dapat digunakan pada sektor super prioritas yang ada di Kecamatan Temanggung. Bupati berharap, dengan adanya Musrenbang RKPD Tahun 2024 dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang memberikan manfaat bagi masyarakat. 

"1,8 miliar ini silahkan dalam Musrenbang ini dibahas untuk digunakan sesuai dengan yang super-super prioritas di Kecamatan Temanggung. Selamat bermusrenbang, selamat bermusyawarah, semoga menghasilkan keputusan yang partisipatif, yang aspiratif, yang demokratis, dan memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat," tandas Bupati. (MC.TMG/nin;nsa;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top