Iklan Layanan Masyarakat

Musim Liburan, Bus AKAP ke Temanggung Ramai Penumpang

Senin, 04 Jan 2021 08:37:42 289

Keterangan Gambar : Bus angkutan Antar Kota Antar Provinsi.


Temanggung, MediaCenter - Selama musim liburan akhir Tahun 2020 hingga awal 2021 ini sejumlah armada bus angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kebanjiran penumpang, terutama penumpang dari Jakarta ke Temanggung, dan sebaliknya dari Temanggung ke Jakarta.

Yanto (50 th) salah seorang awak Bus Handoyo mengatakan, jumlah penumpang meningkat signifikan hampir 50 persen dari sebelumnya. Peningkatan dimulai sebelum Perayaan Natal Tahun 2020, terutama dari arah Jakarta ke Temanggung. Hingga saat ini, Minggu (3/1/2021) jumlah penumpang masih cukup tinggi untuk arah sebaliknya atau dari Temanggung menuju Jakarta.

"Sewaktu awal pandemi Covid-19 hingga sebelum Natal kemarin armada bus kami sangat sepi penumpang yang ada jumlahnya sangat sedikit. Sekarang sedang ramai," tutur Yanto, Minggu, di Temanggung.

Disebutkan, sejak awal pandemi Covid-19 hingga sebelum libur akhir tahun lalu jumlah penumpang yang didapat rata-rata kurang dari 16 orang per bus per hari. Bahkan bus yang beroperasi juga jumlahnya lebih sedikit. Namun selama liburan akhir tahun ini setiap harinya pihak pengelola bus memberangkatkan rata-rata 20 unit armada . Adapun jumlah penumpang saat ini selalu mencapai maksimal kapasitas bus sebanyak 32 penumpang per hari.

"Meski begitu kami tetap memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam bus. Para penumpang dan kami awak bus juga mengenakan masker," ujar Yanto.

Meskipun sedang ramai penumpang, namun menurut Yanto, pihaknya tidak seenaknya menaikan tarif bus. Saat ini tarif bus masih sama yakni sebesar Rp 300 ribu per orang untuk penumpang super eksekutif dan Rp 275 ribu per orang untuk penumpang eksekutif. (MC.TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top