Iklan Layanan Masyarakat

Menjaga Kebugaran dan Imunitas Tubuh Lewat Senam PORPI

Senin, 08 Mar 2021 18:08:19 3266

Keterangan Gambar : Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI) yang diwakili oleh anggota ranting se-Kabupaten Temanggung melakukan senam di Pasar Curug Titang , Minggu (7/3/2021).


Temanggung, Media Center – Pasar Curug Titang diramaikan oleh kegiatan senam Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI) yang diwakili oleh anggota ranting se-Kabupaten Temanggung, Minggu (7/3/2021).
Pasar Curug Titang yang hanya digelar setiap 35 hari sekali yang bertepatan di Hari Minggu Pahing ini tidak hanya diramaikan oleh warga yang menjajakan dagangannya saja, akan tetapi juga ada kegiatan lain, seperti senam PORPI masal, ajang tari hingga ajang fasion show anak-anak.
“Di Kecamatan Temanggung itu ada tiga ranting, yaitu Pengayoman, Sacaba dan GOR. Itu kegiatan sudah rutin. Kalau di Pengayoman setiap Rabu dan Sabtu, terus Hari Selasa, Jumat di GOR dan di Secaba itu Senin dan Kamis”, ungkap Dedeh (68) Ketua PORPI Kabupaten Temanggung.
Kegiatan senam PORPI tidak mengkhususkan dari kalangan ataupun dari golongan umur, bisa dikatakan tidak ada persyaratan khusus untuk ikut dalam kegiatan senam PORPI di Kabupaten Temanggung. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa mengikuti senam PORPI. Warga cukup datang ke tempat latihan, baik ranting Pengayoman, Secaba maupun GOR lalu izin untuk ikut senam PORPI.
“Dari kalangan milenial sampai lanjut usia, ada yang sudah purna ada, yang masih eksis tugas, bisa mengikuti. Karena intinya kan sehat pernafasan apalagi dimasa pandemi, senam PORPI ini sangat bermanfaat”, ungkap Sujarwati (62) anggota PORPI Kabupaten Temanggung
Instruktur senam PORPI harus sudah mendapatkan sertifikat legalitas sebagai pelatih. Jadi gerakan-gerakan dalam senam PORPI tidak seperti senam aerobik yang ditekankan pada pembakaran lemak tubuh atau senam-senam yang lain. Ditahun ini akan ada penilaian uji kompetensi untuk menjadi instruktur yang akan dinilai langsung oleh juri-juri dari luar kota agar adil.
“Senam PORPI itu adalah senam yang tujuannya itu adalah meningkatkan kesehatan pernafasan,” imbuhnya.
Kedepannya PORPI diharapkan bisa lebih dicintai dan dikenal oleh masyarakat bahwa senam PORPI itu ada dan eksis di Kabupaten Temanggung. Sehingga kelompok senam PORPI semakin berkembang, jumlahnya semakin banyak dan meningkatkan animo masyarakat untuk giat dalam kesehatan badan melalui senam pernafasan. (MC TMG/Cahya:Ekape).

Pencarian:

Komentar:

Top