Iklan Layanan Masyarakat

Membaca di Rumah dengan Aplikasi iPusda Temanggung

01 Apr 2020 122

Temanggung, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinarpus) terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Salah satu inovasi Dinarpus Kabupaten Temanggung adalah meluncurkan aplikasi perpustakaan digital “iPusda Temanggung”.

Tujuan diadakannya aplikasi perpustakaan digital ini adalah salah satu bagian dari upaya untuk meningkatkan minat baca serta memberikan fasilitas masyarakat agar tetap bisa mendapatkan informasi, khususnya dari media buku melalui media digital. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membaca buku-buku tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Ditengah penyebaran Covid-19 pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan aktifitasnya dari rumah, dengan adanya aplikasi ini masyarakat diharapkan tidak menghambat pembaca untuk mendapatkan pengetahuan melalui buku digital.

Untuk dapat menggunakan buku digital ini, pengguna bisa mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi i-Pusda Temanggung  yang bisa gratis diunduh di PlayStore melalui smartphone atau melalui aplikasi desktop yang bisa diunduh melalui alamat https://kubuku.id/download/perpusda-kab-temanggung/,  kemudian pengguna bisa mendaftar sebagai member dengan mengisi form yang ada di aplikasi kemudian petugas perpustakan  akan mengkonfirmasi data pendaftaran dan pengguna bisa menikmati layanan buku digital ini.

“Untuk saat ini pembuatan aplikasi ini baru bekerjasama dengan kubuku dari Jogjakarta, sehingga untuk buku yang bisa diakses adalah buku terbitan dari kubuku, kedepanya kami berharap aplikasi ini bisa terus dikembangkan dengan cara bekerjasama dengan penerbit lain, sehingga bisa menambah daftar buku yang bisa diakses “ ujar  Dwi Chandra Susanti salah satu pustakawan Dinarpus saat di temui di kantornya, Selasa (31/03).

Susanti berharap program ini dapat digunakan sebaik mungkin, karena bisa diakses darimana saja, kapan saja melalui smartphone atau perangkat lain yang memiliki koneksi internet. (MC TMG/Safi; Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top