Iklan Layanan Masyarakat

Masyarakat Diminta Tidak Buang Sampah Limbah Prokes Covid-19 Sembarangan

Senin, 15 Mar 2021 12:54:33 856

Keterangan Gambar : Sampah masker bekas pakai dibuang orang secara sembarangan, hanya dicantelkan di ranting tanaman di Temanggung, Minggu (4/3/2021). Masker merupakan sampah residu limbah prokes covid yang mesti dikelola dengan tepat agar tidak menimbulkan penularan covid-19.


Temanggung, MediaCenter - Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Entargo Yutri Wardono meminta masyarakat di daerahnya tidak membuang sampah limbah protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, seperti masker bekas pakai secara sembarangan.

Sampah masker tersebut merupakan limbah medis, sehingga sudah semestinya diperlakukan secara khusus.

Acap kali Media Center Temanggung menemukan masker bekas pakai tergeletak di tepi jalan. Ada pula yang dicantelkan di ranting pohon dan diselipkan disela-sela tanaman. 

"Masker bekas pakai merupakan limbah medis, jadi mesti ada perlakuan khusus pada limbah medis tersebut. Jangan membuang masker sembarangan," ujar Entargo, Senin (15/3/2021).

Entargo meminta agar masyarakat memberi tahu, menunjukan lokasi sampah masker yang dibuang sembarangan, sehingga bisa cepat diatasi. Ia juga meminta media membantu mengedukasi masyarakat terkait kesadaran membuang sampah secara tepat.

"Sedangkan untuk masyarakat memang perlu edukasi terhadap kesadaran membuang sampah," katanya. 

Saat ini, katanya, DPRKPLH Kabupaten Temanggung tengah menggencarkan edukasi dan sosialisaai mengenai sampah sampai ke tingkat Rumah Tangga. Pada proses ini, katanya, bantuan dari media untuk mengedukasi masyarakat sangat diperlukan. (MC TMG/Tosiani;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top