Iklan Layanan Masyarakat

Masuk Penilaian Tahap III Verifikasi PPD Tahun 2023, Temanggung Berharap Raih Juara Nasional

Selasa, 04 Apr 2023 20:11:36 292

Keterangan Gambar : Masuk Penilaian Tahap III Verifikasi PPD Tahun 2023, Temanggung Berharap Raih Juara Nasional


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung memasuki tahap akhir verifikasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023. Tim Penilai dari Bappenas yang diwakili oleh Syahrial Loetan dari Tim Independen Teknokrat dan Birokrat Indonesia, serta Diah Lenggogeni dari Tim Teknis PPD 2023 melemparkan beberapa pertanyaan kepada audiens terkait dalam Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung Selasa (4/4/2023) di Pendopo Pengayoman Temanggung. 

Bupati HM Al Khadziq yang hadir secara pribadi dalam agenda FGD menyampaikan, makna Pemkab Temanggung dapat lolos seleksi pada tingkat provinsi dan maju ke tingkat nasional dalam PPD Tahun 2023 adalah sebagai pengingat, bahwa dalam melaksanakan perencanaan pembangunan harus dilaksanakan secara aspiratif, melibatkan masyarakat, dan juga memperhatikan strategi pembangunan provinsi dan nasional.

"Proses penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2023, Alhamdulillah kita sudah juara satu di Jawa Tengah, lalu dikirim ke tingkat nasional sudah sampai penilaian tahap tiga. Maknanya, bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Temanggung ini mengingatkan kita semua, agar dalam melaksanakan perencanaan pembangunan dilaksanakan betul-betul secara aspiratif, bottom-up, tetapi juga dengan memperhatikan strategi pembangunan provinsi dan nasional," ungkapnya. 

Bupati menjelaskan tahapan-tahapan PPD Tahun 2023 yang telah dilalui. Tahapan pertama PPD, yaitu penilaian dokumen LKPD yang dikirimkan kepada panitia, tahap kedua adalah wawancara Bupati beserta tim di Jakarta, selanjutnya tahap ketiga adalah peninjauan lapangan yang telah dilaksanakan pada Senin (3/4/2023) kemarin, dan FGD yang dilaksanakan hari ini.

"Perencanaan harus konsisten sejak dari bawah sampai nanti menjadi RKPD. Konsisten di perencanaan, juga konsisten dalam pelaksanaan dan konsisten dalam hasil-hasil pembangunannya. Indikator-indikator capaian pembangunannya juga harus konsisten sesuai dengan perencanaannya," tandas Bupati. 

Selain konsistensi, Bupati menyebutkan indikator penilaian oleh Tim Bappenas adalah unsur inovasi-inovasi dalam program dan gerakan pembangunan daerah. Program unggulan dari Temanggung yang diajukan adalah dalam bidang Kesehatan, Pengentasan Kemiskinan, Pembangunan Lingkungan Hidup, dan Peningkatan Ekonomi sesuai dengan tema pembangunan GERBANG EMAS. Sebuah gerakan pembangunan masyarakat di bidang kesehatan, peningkatan ekonomi, dan pembangunan lingkungan hidup.

"Hari ini, semua stakeholder masyarakat Kabupaten Temanggung dikumpulkan, dilakukan FGD, masing-masing kelompok masyarakat ditanya oleh Tim Penilai. Semoga dari hasil hari ini Temanggung bisa dinobatkan sebagai juara 1 nasional sebagaimana tahun 2020 yang lalu," pungkasnya. (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top