Iklan Layanan Masyarakat

Masa Libur Lebaran, Puskesmas di Temanggung Siaga 24 Jam

Sabtu, 30 Apr 2022 16:15:38 472

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Intan Pandanwangi


Temanggung, Media Center - Pada masa libur Lebaran 2022, Dinas Kesehatan  Kabupaten (DKK) Temanggung menyiagakan Puskesmas selama 24 jam untuk memberikan pelayanan pada masyarakat, tidak terkecuali pemudik.

Kepala DKK Temanggung dr Intan  Pandanwangi mengatakan, menerapkan siaga bagi seluruh Puskesmas untuk pelayanan mudik di masa libur Lebaran. 

"Siaga Puskesmas ini terutama Puskesmas yang ada di jalur mudik," katanya, Sabtu (30/4/2022).

dr Intan mengatakan, siaga mudik di Puskesmas ini untuk memberikan pelayanan yang bersifat darurat pada warga yang biasanya terjadi di masa liburan Lebaran.

Kejadian itu, disampaikannya, diantaranya kecelakaan lalu lintas, diare dan keracunan. Kecelakaan lalu lintas didominasi pemudik, sedangkan diare dan keracunan oleh warga sekitar akibat mengkonsumsi makanan. 

"Penanganan medis yang tepat dan sesegera mungkin harus dilakukan untuk keselamatan pasien. Puskesmas juga siaga untuk penanganan persalinan," katanya. 

Disampaikan olehnya, di Puskesmas disiagakan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan didukung dengan fasilitas kesehatan serta mobil ambulan.

Ia mengemukakan, petugas kesehatan di Puskesmas juga terlibat untuk operasi kemanusiaan Ketupat Candi 2022. Mereka sebagian berada di pos pengamanan arus mudik. 

"Khusus di pos pengamanan juga disediakan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19," imbuhnya. 

dr Intan mengatakan, di Temanggung mempunyai 25 Puskesmas, tidak semuanya berada di jalur mudik, seperti Selopampang, Tepusen, Bansari, Wonoboyo, Gemawang dan Kandangan. Puskesmas yang tidak berada di jalur mudik diperbantukan untuk bertugas di pos pengamanan. (MC.TMG/aiz;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top